Bengkulu (Antara) - Panitia Ujian Nasional Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Bengkulu mulai mendistribusikan dokumen soal ujian nasional ke wilayah kabupaten dan kota, dengan prioritas wilayah yang sulit dijangkau seperti Kabupaten Mukomuko.

Sekretaris panitia ujian nasional (UN) Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Bengkulu, Syaiful Amri di Bengkulu, Jumat mengatakan Kabupaten Mukomuko menjadi daerah pertama sasaran distribusi, sebab jarak tempuh yang nisbi jauh.

"Perlu perjalanan darat selama tujuh hingga delapan jam menuju ibu kota kabupaten, sehingga distribusi soal ke Mukomuko didahulukan," ucap Syaiful.

Ia mengatakan pendistribusian soal ke kabupaten yang berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat itu digelar pada Jumat (1/4) pagi.

Pengiriman soal dilakukan menggunakan mobil khusus pengankut barang yang dikawal anggota kepolisian.

"Mobil hanya bisa beristirahat di Kantor Polsek atau Koramil. Setelah tiba di Mukomuko, soal UN langsung diamankan di Kantor Polres setempat," ujarnya, menerangkan.

Menurut Syaiful, ada 2.666 orang pelajar SMA/SMK sederajat yang akan mengikuti UN di kabupaten tersebut.

Para peserta UN terdiri dari pelajar SMA sebanyak 2.046 orang, pelajar SMK sebanyak 320 orang dan pelajar paket C sebanyak 300 orang.

Sebelumnya, Panitia UN Diknas Provinsi Bengkulu sudah mendistribusikan soal UN ke Pulau Enggano, pulau terluar yang memiliki satu sekolah menengah atas yakni SMA Negeri 1 Enggano Kabupaten Bengkulu Utara.

Pendistribusian soal ke pulau terluar itu digelar pada Rabu (30/3), sebab transportasi bergantung pada jadwal sapal feri Pulo Tello yang berlayar dua kali dalam sepekan.

Sementara pendistribusian soal UN untuk sembilan kabupaten dan kota lainnya yakni Bengkulu Selatan, Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, Seluma, Kaur, Lebong, Rejanglebong, Kepahiang dan Kota Bengkulu akan digelar pada Sabtu (2/3) pagi.

Syaiful menambahkan UN pada 4 April hingga 6 April di Provinsi Bengkulu akan diikuti sebanyak 26.127 orang pelajar SMA/SMK.

Para pelajar yang mengikuti UN 2016 terdiri dari pelajar SMA dengan empat jurusan yakni IPA, IPS, Bahasa dan Agama sebanyak 16.223 orang, SMK sebanyak 6.836 orang dan peserta paket C sebanyak 3.068 orang.***4***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Riski Maruto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016