Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas Tiga Fatmawati Soekarno Bengkulu mengimbau kepada seluruh masyarakat di wilayah tersebut untuk tetap waspada terhadap perubahan cuaca yang saat ini sedang terjadi.

Prakirawan BMKG Fatmawati Bengkulu Andre Alfando di Kota Bengkulu Kamis, menyebutkan bahwa Provinsi Bengkulu telah memasuki masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.
 
Karena itu, pada awal September 2024 diperkirakan mulainya musim transisi di Provinsi Bengkulu, sebab dari hasil analisa cuaca menunjukkan adanya potensi curah hujan yang signifikan di beberapa area.
 
"Kondisi geografis Bengkulu memiliki rentang waktu cuaca yang tersendiri, sehingga cuaca di tingkat nasional tidak selalu sama dengan kondisi di Provinsi Bengkulu," ujarnya.
 
Ia menyebutkan pula bahwa diperkirakan selama tiga hari ke depan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sejumlah wilayah, seperti di Kota Bengkulu.
 
Kemudian di Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Kaur, serta wilayah di sekitarnya.
 
Selain itu, kata Andre, para nelayan juga diminta untuk berhati-hati saat melaut, sebab gelombang laut berkisar antara dua hingga 2,5 meter.
 
"Nelayan diimbau untuk tetap berhati-hati saat melaut, dan memantau informasi cuaca terbaru dari situs resmi BMKG guna memastikan keselamatan selama beraktivitas di laut," katanya.
 
Dia berharap agar masyarakat dan para nelayan di Provinsi Bengkulu untuk selalu memantau perkiraan cuaca di situs web resmi milik BMKG, guna mengantisipasi informasi hoax atau palsu terkait perubahan cuaca yang saat ini tengah terjadi.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024