Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan sebanyak lima dari 150 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Mukomuko kosong pelamar.
 
Pejabat Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Mukomuko, Niko Hafri saat dihubungi dari Mukomuko, Senin, mengatakan dari lima formasi CPNS Mukomuko yang kosong itu, tiga formasi dokter spesialis.
 
"Lalu dua formasi lagi, yakni formasi untuk penyandang disabilitas dan umum yakni pengendali dampak lingkungan," katanya.
 
Ia menyayangkan sampai masa akhir pembukaan pendaftaran CPNS Mukomuko tahun ini masih ada formasi CPNS tahun 2024 yang kosong, padahal formasi ini sangat dibutuhkan untuk mengisi kekosongan tenaga dokter spesialis di daerah ini.
 
Terhadap dua formasi CPNS yang kosong , yakni formasi khusus penyandang disabilitas di gudang farmasi nanti bisa diisi dari pelamar umum.
 
Sementara itu, ia mencatat jumlah pelamar CPNS di daerahnya mencapai 3.584 pelamar, yang sudah submit ada 3.403 pelamar, kemudian yang memenuhi syarat 2.600 pelamar, lalu yang tidak memenuhi syarat 803 pelamar.
 
Menurutnya, pelamar CPNS tersebut dinyatakan TMS kemungkinan karena tidak memahami petunjuk persyaratan yang ada.
 
Selain itu, katanya, pelamar CPNS TMS ini, karena mereka tidak memahami instruksi cara saat melamar.
 
Ia menjelaskan, pihaknya meminta dokumen persyaratan untuk diupload dengan format diketik, tetapi pelamar mengumpulkannya dengan format tulis tangan.
 
“Lalu ada pelamar yang tak memahami akreditasi yang ada di website PDDikti, jadi yang diupload oleh pelamar ini rata-rata biodata bukan akreditasi,” ucap Niko.
 
Selain itu, ia menjelaskan setelah selesai tahap seleksi administrasi nanti masuk ke tahap pengumuman hasil seleksi administrasi.
 
Pada tahap masa sanggah dari pelamar, katanya, selama lebih kurang tiga hari, kemungkinan nanti di masa sanggah itu jumlah pelamar CPNS yang TMS sebanyak 803 bisa berkurang.*

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024