Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu saat ini sedang memfasilitasi pendirian Posko Basarnas di daerah itu.

Asisten Bidang Tata Pemerintahan, Hukum dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Rejang Lebong Pranoto Majid di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan pemkab belum lama ini mengusulkan pendirian Posko Basarnas dan telah mendapat persetujuan oleh kepala Basarnas pusat.

"Posko Basarnas ini membawahi tiga kabupaten, yakni Rejang Lebong, Kepahiang, dan Kabupaten Lebong. Sudah kita siapkan lokasi kantor di eks-gedung Disperindagkop UKM yang berada di Jalan S Sukowati Curup," kata dia.

Dia menjelaskan lokasi kantor untuk Posko Basarnas tersebut pada Rabu (18/9) ditinjau oleh kepala Kantor Basarnas Bengkulu bersama rombongan.

"Posko Basarnas ini nantinya akan menjadi pos kedua yang didirikan di daerah setelah sebelumnya juga ada di Kabupaten Bengkulu Selatan. Posko Basarnas ini lengkap, ada kepala pos, staf dan peralatan, dengan jumlah personel enam hingga tujuh orang," katanya.

Dia menjelaskan kantor yang disiapkan Pemkab Rejang Lebong merupakan kantor sementara, kemudian akan dilihat perkembangan.

Jika nanti dibutuhkan perubahan status dari pos menjadi kantor, katanya, pemkab setempat akan menyiapkan lokasi yaitu di depan kantor BPBD Kabupaten Rejang Lebong.

Kehadiran Posko Basarnas di Kabupaten Rejang Lebong diharapkan mempercepat penanganan bila terjadi bencana di tiga kabupaten dan tidak hanya mengandalkan BPBD maupun pramuka.

Dia mengatakan sejak beberapa tahun belakangan di wilayah itu telah terjadi beberapa kasus yang membutuhkan keahlian SAR, karena jarak dari Kantor Basarnas Bengkulu ke Rejang Lebong membutuhkan waktu cukup lama sehingga bantuan yang diberikan tidak bisa cepat.

"Kehadiran Posko Basarnas juga nanti bisa memberikan pelatihan-pelatihan baik untuk anak-anak sekolah maupun mitranya di daerah yakni BPBD," demikian Pranoto Majid.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024