Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, mengajak pasangan calon atau paslon Pilkada serentak 2024 di wilayah itu menciptakan kampanye damai.

"Tadi kita sudah menggelar deklarasi kampanye damai, pada intinya bersepakat bahwa tidak ada kampanye yang menyebarkan isu SARA, hoaks, menebar kebencian dan lainnya. Intinya kampanye dilakukan dengan damai," kata Ketua KPU Rejang Lebong Ujang Maman di Kantor KPU Rejang Lebong, Senin.

Dia menjelaskan, deklarasi kampanye damai tersebut dilaksanakan setelah pengundian nomor urut peserta Pilkada Kabupaten Rejang Lebong Tahun 2024 yang diikuti oleh tiga pasangan calon.

Pelaksanaan deklarasi kampanye damai Pilkada Rejang Lebong 2024 ini, kata dia, penting dilakukan mengingat pada 25 September sudah masuk tahapan kampanye yang akan berlangsung hingga 23 November mendatang.

"Pelaksanaan deklarasi kampanye damai ini diikuti oleh tiga pasangan calon, kemudian partai pengusul dengan disaksikan oleh Bawaslu Rejang Lebong dan Forkompimda Rejang Lebong," tegasnya.

Dia berharap ketiga pasangan pasangan calon peserta Pilkada Kabupaten Rejang Lebong yang sudah ditetapkan dan mendapatkan nomor urut peserta ini dapat mematuhi komitmen bersama yang sudah dibuat.

Ketua Bawaslu Rejang Lebong Ahmad Ali dalam kesempatan itu menghimbau kepada pasangan calon serta partai pengusul maupun massa pendukung untuk dapat menahan diri dan tidak melakukan kampanye di luar jadwal yang sudah ditentukan.

"Selama tahapan kampanye silahkan pasangan calon untuk melakukan kampanye sesuai ketentuan dan aturan yang ada, tidak boleh saling jelek menjelekkan dengan pasangan calon lainnya sehingga tahapan Pilkada serentak Tahun 2024 berjalan kondusif," katanya.

Tiga pasangan calon Pilkada Kabupaten Rejang Lebong Tahun 2024 yang akan bertarung pada 27 November mendatang nomor urut 1 atas nama pasangan M Fikri-Hendri, yang diusulkan oleh PAN, PDIP dan Partai Demokrat.

Kemudian nomor urut 2 paslon atas nama Hendra Wahyudiansyah (Wabup petahana) berpasangan dengan Herizal Apriansyah yang diusulkan Partai NasDem dan PKS, dan didukung oleh PSI, Hanura, PBB, PKN dan partai umat.

Serta paslon nomor urut 3 atas nama Syamsul Effendi (bupati petahana) berpasangan dengan Juhendra, yang diusulkan pasangan Syamsul Effendi - Juhendra diusulkan gabungan parpol Gerindra, Golkar, PKB, Perindo dan didukung PPP serta Gelora.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024