Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengatakan perluasan areal tanam (PAT) padi sawah di daerah ini mencapai 1.913 hektare pada tahun 2024, atau melebihi dari target yang ditetapkan oleh pemerintah pusat seluas 1.255 hektare.
 
"PAT padi seluas itu tersebar di sejumlah wilayah seperti Kecamatan Lubuk Pinang, Air Manjuto, dan Selagan Raya," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Fitriani Ilyas, di Mukomuko, Rabu.
 
Ia mengatakan, karena PAT padi di daerah ini tahun 2024 melebihi target sebesar 150 persen, maka kemungkinan daerah ini akan mendapatkan apresiasi atau penghargaan berupa benih bawang dari Kementerian Pertanian.
 
Dia mengatakan pula, pihak Kementerian Pertanian dalam waktu dekat ini mau turun ke Kabupaten Mukomuko sekaligus menyerahkan bantuan benih bawang merah kepada daerah ini.
 
"Daerah ini mendapatkan bantuan benih atas pencapaian kita dalam mencapai PAT padi tahun ini sesuai dengan petunjuk dari pihak kementerian," ujarnya pula.
 
Ia mengatakan, pihak Kementerian Pertanian turun ke Kabupaten Mukomuko selain menyerahkan bantuan benih bawang merah kepada daerah ini sekaligus melihat musim tanam II padi di wilayah Kecamatan Selagan Raya.
 
Dia menjelaskan, PAT padi di daerah ini melebihi target karena sebelumnya daerah ini mengalami kekeringan sehingga banyak petani yang tidak menanam padi.
 
Sekarang ini, katanya pula, sawah yang sebelumnya tidak ditanam padi, kini ditanam padi karena ada air irigasi dan daerah ini tidak mengalami musim kekeringan.
 
"Saat musim kering, banyak sawah yang tidak ditanam padi sehingga data pemerintah menggunakan data lama, kini sawah yang dulu tidak ditanam karena kekeringan, kini ditanami padi," ujarnya lagi.
 
Ia mengatakan, areal persawahan di sejumlah wilayah daerah ini mendapatkan sumber pengairan dari irigasi di wilayah Kecamatan Selagan Raya.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024