Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani akan maju sebagai calon ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI periode 2024–2029.

"Penugasan dari Partai Gerindra memang sudah ditetapkan bahwa Pak Ahmad Muzani akan maju sebagai calon ketua MPR," kata Dasco ditemui usai pelantikan anggota DPR, DPD,dan MPR periode 2024–2029 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Sementara untuk pemilihan pimpinan DPR, Dasco menyatakan harus mengikuti peraturan perundang-undangan. "Itu nanti pimpinan DPR akan diutus oleh masing-masing partai yang mempunyai suara terbanyak satu sampai dengan enam," katanya.

Mengenai isu dirinya kembali diutus menjadi pimpinan DPR, Dasco yang merupakan Wakil Ketua DPR periode 2019–2024 itu mengaku belum mengetahui penugasan dari partai.

"Saya belum tahu penugasan dari partai, tetapi kalau ditugaskan, kami siap," ucap Dasco.–

Sebanyak 580 orang anggota DPR RI dan 152 orang anggota DPD RI yang terpilih berdasarkan Surat Keputusan KPU RI tentang Hasil Pemilu Legislatif 2024 untuk periode 2024–2029, dilantik pada Selasa di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta.

Anggota DPR yang dilantik bertambah dari 575 menjadi 580 orang, sedangkan anggota DPD RI bertambah dari 136 menjadi 152 orang dibandingkan periode sebelumnya.

Partai politik yang lolos ke Senayan, yakni PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional.

Pewarta: Fath Putra Mulya

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024