Mukomuko (Antara) - Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengusulkan anggaran pembuatan "masterplan" atau rencana induk untuk membangun lima objek wisata pantai yang ramai dikunjungi wisatawan dari dan luar daerah itu.

"Kami usulkan anggarannya di APBD perubahan tahun ini. Lima objek wisata tersebut yang memiliki potensi tinggi dan daya tarik penggunjung," kata Kabid Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Mukomuko Sapuan, di Mukomuko, Sabtu.

Ia menyebutkan lima objek wisata tersebut yakni Pantai Air Punggur atau pantai tergerus abrasi yang telah dibangun pengamannya di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum). Lokasi objek wisata ini strategis sehingga banyak dikunjungi warga.

Kemudian, lanjutnya, objek wisata Pantai Air Rami, Pantai Kecamatan Ipuh, Pantai Pandan Wangi (PW), Pantai Batu Badoro, dan Pantai di Desa Pasar Bantal, Kecamatan Teramang Jaya.

Ia menjelaskan, tujuan pembuatan "Masterplane" ini agar pembangunan lima objek wisata tersebut menjadi lebih terarah.

Sejumlah fasilitas yang masuk dalam rencana induk pembangunan objek wisata tersebut, sebutnya, yakni gajebo atau tempat santai bagi pengunjung dan taman bermain anak-anak.

Kalau fasilitas untuk objek wisata danau, sebutnya, selain fasilitas tersebut, ditambahkan juga pembangunan jembatan mini untuk penyeberangan bagi pengunjung.

Sedangkan, lanjutnya, di objek wisata pantai disediakan ruang ganti pakaian, mushola, tempat mandi, cuci, dan kakus (MCK), los tempat berjualan, dan jaringan listrik.

Ia menjelaskan, sampai sekarang belum ada objek wisata yang teraliri jaringan listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN).***1***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016