Perth (Antara) - Kemenangan kakak beradik kelahiran Indonesia, Tasia Seger (26) dan Gracia Seger (25), di lomba memasak sangat populer di Australia, "My Kitchen Rules" (MKR), Selasa malam, menciptakan momentum strategis buat pengenalan jajanan khas Indonesia di Australia.

Kepada Antara di Perth, Rabu pagi, Duta Besar Indonesia untuk Australia dan Vanuatu, Nadjib Riphat Kesoema, menyatakan "kemenangan dua putri Indonesia ini sangat membanggakan bukan hanya bagi masyarakat Indonesia di Australia, namun juga di seluruh Nusantara."

Lebih lanjut ia menyebutkan, "strategi dan langkah mereka (Tasia dan Gracia) hingga meraih jenjang kemenangan di grand final pada acara MKR Australia yang sangat bergengsi, popular dan ditonton oleh sebagian besar masyarakat Australia,  menunjukkan potensi, keahlian, kejelian, ketekunan  dan kreativitas mereka berdua dalam memadupadankan resep masakan internasional dengan sentuhan Indonesia."

"Bahkan dewan juri menyatakan bahwa Tasia dan Gracia telah mengajak penikmat masakan mereka mengelilingi Asia," tambah Dubes Nadjib mengutip tim juri yang diketuai Pete Evans.

Kemenangan besar masakan Indonesia di ajang MKR terjadi saat dua festival promosi Indonesia di Australia sudah di depan mata yaitu "Wonderful Indonesia Festival and Travel Fair 2016" di Darling Harbour, Sydney (30 April-1 Mei) dan "Indonesian Satay Festival 2016" di Box Hill Town, Melbourne (8 Mei).

Efek MKR juga diyakini membuat makanan Indonesia bakal menjadi hidangan yang dicari di Australia dalam beberapa pekan atau bulan ke depan.

"Memperkenalkan kuliner Indonesia berikut menonjolkan kehandalan chef-chef Indonesia merupakan langkah yang penting bagi promosi budaya Indonesia yang kaya dan beranekaragam," ujar Dubes Nadjib yang mulai bertugas di Canberra sejak 2012.

Ia pun berharap, "Tasia dan Gracia akan terus sukses di dunia internasional dalam mengeksplorasi dan menciptakan resep-resep baru, termasuk yang berakar pada gastronomi Indonesia."***4***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016