Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyatakan tujuh sekolah tingkat SMP di daerah itu menerima kucuran dana alokasi khusus atau DAK bidang pendidikan Tahun 2024.

Kepala Dinas Dikbud Rejang Lebong Noprianto saat dihubungi di Rejang Lebong, Sabtu, mengatakan Kabupaten Rejang Lebong menerima DAK bidang pendidikan sebesar Rp19 miliar yang diperuntukkan kegiatan rehab sekolah tingkat SD dan SMP di wilayah itu.

"Ada tujuh sekolah tingkat SMP di Kabupaten Rejang Lebong yang menerima kucuran DAK Tahun 2024 dengan nilai mencapai Rp7 miliar," kata dia.

Dia menjelaskan, tujuh SMP yang menerima DAK pendidikan ini antara lain SMPN 1 Rejang Lebong, SMPN 7 Rejang Lebong, SMPN 18 Rejang Lebong, SMPN 14 Rejang Lebong, SMPN 20 Rejang Lebong, SMPN 26 Rejang Lebong, serta SMP Xaverius Rejang Lebong.

Sekolah yang menerima DAK pendidikan tersebut, kata dia, digunakan untuk kegiatan rehabilitasi sekolah, kemudian pembangunan ruang kelas, gedung perpustakaan, laboratorium IPA, laboratorium komputer, ruang UKS, serta toilet.

Pengerjaan kegiatan DAK fisik di tujuh SMP itu sendiri sudah dimulai sejak Juli lalu dan ditargetkan pada pertengahan November mendatang semuanya sudah selesai dikerjakan.

Menurut dia, guna memastikan kegiatan DAK fisik pada tujuh sekolah ini selesai tepat waktu pihaknya sudah melakukan monitoring dan pengawasan secara langsung ke sekolah-sekolah yang menerima bantuan.

Dia mengimbau tujuh sekolah baik SMP negeri maupun swasta yang menerima DAK pendidikan Tahun 2024 ini nantinya dapat memelihara fasilitas pendidikan yang sudah dibangun dan segera dimanfaatkan.

Sementara itu untuk alokasi DAK pendidikan tingkat SD yang diterima Kabupaten Rejang Lebong Tahun 2024, tambah dia, diberikan kepada sembilan SD dengan total anggaran mencapai Rp12 miliar, di mana saat ini juga masih dalam tahap pengerjaan di masing-masing sekolah penerima bantuan.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024