Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, masih menunggu rekomendasi tim terkait hasil kajian teknis untuk penetapan status tanggap darurat longsor, setelah satu rumah amblas dan masuk ke dalam Sungai Manjuto.
 
"BPBD memfasilitasi apabila hasil kajian teknis tim organisasi perangkat daerah (OPD) terkait memerlukan analisa dan rekomendasi untuk ditangani darurat," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Mukomuko Ruri Irwandi di Mukomuko, Selasa.
 
Tim Reaksi Cepat (TRC) Pemerintah Kabupaten Mukomuko sebelumnya meninjau lokasi tebing longsor sepanjang Sungai Manjuto di Desa Pondok Panjang, Kecamatan V Koto dan menyebabkan satu rumah amblas masuk ke dalam sungai.
 
TRC yang terdiri atas BPBD Mukomuko, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, dan Dinas Perkim meninjau serta menilai di lapangan sesuai kewenangan organisasi perangkat daerah (OPD) masing-masing.
 
Ia mengatakan jika hasil kajian, analisa, dan penilaian dari tim teknis diterima, lalu BPBD memfasilitasi dan membawanya ke Pjs Bupati untuk dibuat SK tanggap darurat.
 
"Tapi sebelum itu, kami masih menunggu hasil kajian tim teknis terlebih dahulu," ujarnya.
 
Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Kabupaten Mukomuko Ahmad Hidayat Syah Ia mengatakan satu rumah yang amblas masuk ke dalam sungai tersebut milik Dadang (35), sebelum rumah tersebut amblas, warga ini sudah terlebih dahulu mengungsi ke rumah keluarganya.
 
Ia menambahkan, sekarang ini masih ada 14 rumah lagi di lokasi tersebut yang terancam masuk sungai karena jarak rumah ini dengan tebing yang longsor sekitar satu meter lagi.
 
"Rumah tersebut masih dihuni oleh pemiliknya, tetapi kami mengimbau mereka tetap waspada apalagi saat ini intensitas hujan yang tinggi dan membuat tebing mudah longsor," ujarnya.
 
Terkait dengan kejadian itu, TRC yang terdiri atas beberapa OPD sudah melakukan asesmen di kantor desa bersama kades dan camat guna mencari solusi.
 
Langkah selanjutnya, katanya, instansinya mengajukan status tanggap darurat longsor untuk penanganan darurat tebing yang longsor sepanjang Sungai Manjuto di Desa Pondok Panjang, Kecamatan V Koto kepada Pjs Bupati Mukomuko.
 
"Dari hasil asesmen, maka langkah yang diambil selanjutnya, kami akan mengajukan tanggap darurat kepada Pjs Bupati Mukomuko untuk penanganannya," ujarnya.*

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024