Rejanglebong (Antara) - Pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan soal ujian nasional tingkat SMP sederajat di daerah itu baru akan dibagikan pada pagi hari pelaksanaannya.

Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Rejanglebong, Salamun usai menerima pendistribusian soal UN Diknas Provinsi Bengkulu, Rabu, yang dipusatkan di balai pertemuan SMKN 1 Curup mengatakan, soal UN ini setelah diperiksa oleh petugas kemudian disimpan di kantor polisi dan pagi hari pelaksanaan pada 9 Mei mendatang baru dibagikan ke masing-masing sekolah.

"Soal UN ini diinapkan di kantor polisi baik itu Polres maupun Polsek, soal UN ini baru dibagikan pada pagi hari setiap hari pelaksanaan ujian. Jadi hari Senin nanti hari pertama soal yang dibagikan ialah Bahasa Indonesia, mereka mengambilnya di kantor polisi dan ini dilakukan selama pelaksanaan UN," katanya.

Penyimpanan soal UN di kantor polisi ini kata dia, merupakan standar pengamanan dalam pelaksanaannya dan sudah dilaksanakan selama ini. Selain itu pengamanan ini juga untuk mengantisipasi kebocoran soal ujian.

Soal UN tingkat SMP sederajat yang mereka terima kali ini tambah dia, sebanyak 81 dus dan ditambah dua dus soal UN cadangan. Dari jumlah yang dikirim ini terdapat satu paket soal UN untuk peserta ujian berkebutuhan khusus untuk mata ujian inklusi.

"Untuk soal ujian peserta berkebutuhan khusus yang bersekolah di sekolah umum ini sudah kami laporkan ke Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu guna dikirimkan. Soal ujian ini dimintakan ke Jakarta langsung, karena soalnya sudah dicetak namun tertinggal bersama berkas lainnya," kata Salamun.

Sementara itu pelaksanaan UN tingkat SMP sederajat di daerah itu kata dia, sesuai jadwalnya akan dilaksanakan 9-12 Mei nanti dengan jumlah peserta yang sudah termasuk dalam daftar nominasi tetap (DNT) UN tingkat SMP Rejanglebong di Dinas Pendidikan Bengkulu 2016 sebanyak 4.516 siswa yang terbagi 2.250 siswa dan 2.266 siswi.

Sedangkan untuk sekolah penyelenggara UN sebanyak 66 sekolah yang terdiri dari sekolah umum dibawah naungan Diknas Rejanglebong dan Kemenag Rejanglebong, dimana dari jumlah itu terdapat 21 sekolah yang bergabung ke sekolah lainnya yang melaksanakan ujian atau menginduk. ***4*** 

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016