Dinas Kesehatan Kota Bengkulu terus melakukan sosialisasi di tingkat puskesmas, agar masyarakat menjaga kebersihan rumah guna mengantisipasi penyebab penyakit demam berdarah dengue (DBD).
 
Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu Joni Haryadi Thabrani di Bengkulu Jumat, menyebutkan bahwa hal tersebut dilakukan sebab sejak Januari hingga awal Oktober 2024 sebanyak 254 warga terinfeksi DBD.
 
"Kita terus mengajak seluruh warga Kota Bengkulu menjaga lingkungan agar nyamuk Aedes Aegypti penyebab DBD tidak semakin banyak berkembangbiak. Saat ini adalah musim hujan yang akan melanda maka kita harus selalu memperhatikan lingkungan rumah, sehingga nyamuk tidak akan bersarang di rumah kita," ujarnya.
 
Kemudian, Dinkes Kota Bengkulu melakukan penyuluhan kepada masyarakat guna mengantisipasi adanya kasus DBD, dengan mengingatkan warga untuk menerapkan 5 M, seperti mengubur barang bekas yang dapat menampung air.
 
Selanjutnya, menutup tempat penampungan air, menguras bak mandi atau penampungan air minimal dua kali dalam satu minggu, menaburkan bubuk abate di tempat penampungan air yang sulit dibersihkan dan mengganti air di vas bunga.
 
Kemudian, masyarakat selalu menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi gizi seimbang dan agar tidak terjadi demam berdarah.
 
Selain itu, kata Joni, Dinkes Kota Bengkulu akan melakukan fogging atau pengasapan jika ditemukan dua atau lebih kasus masyarakat yang terinfeksi penyakit DBD dengan disertai oleh hasil laboratorium.
 
"Dinkes akan melakukan pengasapan sesuai permintaan masyarakat, meskipun pengasapan hanya membantu untuk membunuh nyamuk dewasa," katanya.
 
Pihak puskesmas Kota Bengkulu juga telah membentuk kader jentik yang akan datang ke rumah warga untuk melihat jentik-jentik nyamuk di bak mandi atau penampungan air lainnya di wilayah kerja masing masing.
 
Berikut jumlah kasus DBD di Provinsi Bengkulu dari Januari hingga awal September 2024, yaitu Kabupaten Kaur 142 kasus, Kabupaten Bengkulu Selatan 231 kasus, Kabupaten Seluma 296 kasus.
 
Selanjutnya Kota Bengkulu 253 kasus, Kabupaten Bengkulu Tengah 82 kasus, Kabupaten Kepahiang 173 kasus, Kabupaten Rejang Lebong 342 kasus.
 
Kemudian untuk Kabupaten Lebong kasus DBD-nya yaitu 156 kasus, Kabupaten Bengkulu Utara sebesar 364 kasus, dan Kabupaten Mukomuko mencapai 511 kasus.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024