Bengkulu(Antara-IPKB) - Program Keluarga Berencana (KB) secara tegas menekankan pada pembangunan kependudukan upaya mewujudkan keluarga berkualitas. Itu tertuang dalam UU No.52/2009 Tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

Komandan Korem 041 Garuda Emas Kolonel Inf. Fajar Budiman dalam sambutan pada pencanagan TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK) tingkat Provinsi Bengkulu pada 2016, di Desa Kembang Seri Kecamatan Talang Empat, Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu menyampaikan, keberhasilan program KB dengan meningkatnya kualitas sumber daya manusia (SDM) serta masyarakat yang sejahtera akan terciptanya ketahanan nasional.

Program KB amat relevan dengan ketahanan nasional, maka TNI bersama BKKBN bersinergi dalam gerakan TMKK. Hal itu mengingat program tersebut dapat meningkatkan derajat kesehatan dan menekan peristiwa kematian ibu dan bayi, kata Danrem 041 Gamas di Bengkulu, Rabu,4/5.

TMKK, telah membuahkan hasil yang mengarah pada peningkatan kualitas masyarakat melalui bhaksos pelayanan dan penyuluhan program KB kepada masyarakat. Edukasi program KB oleh TNI telah dilakukan tenaga Bintara Pembina Desa (Babinsa) sebagai publik relation program KKBPK di daerah itu.

Ia menambahkan, pembangunan kependudukan sebagai muara dari pelaksanaan dan terwujudnya kehidupan bermasyarakat yang sejahtera dan mandiri.

Sehingga dengan demikian pelaksanaan program KKB tak dapat disiakan oleh sejumlah elemen masyarakat dan pemerintah. "KB tak hanya mengatur jarak kehamilan melalui pelaksanaan pemasangan kontrasepsi, akan tetapi lebih menitik beratkan pada sasaran terwujudnya kualitas dan kesejahteraan masyarakat, pungkasnya. (rs)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016