Pengamat kebijakan publik Dr Anzori Tawakal menyebutkan Presiden RI Prabowo Subianto menunjukkan model kepemimpinan mengagumkan ketika dilihat dari pidato yang telah disampaikan.
 
"Ada beberapa hal yang menunjukkan leadership yang bagus ditunjukkan oleh Presiden Prabowo Subianto. Dan itu mengagumkan," kata Anzori Tawakal di Bengkulu, Minggu.
 
Anzori mengatakan Presiden Prabowo dalam pidatonya menekankan semua tingkatan pemimpin harus menjadi sosok panutan yang baik, bekerja untuk rakyat bukan untuk pribadi atau kepentingan lain selain rakyat.
 
"Kemudian, saya memang harus mengakui ini poin penting kelebihan pak Prabowo dari pemimpin lainnya, dia berani mengakui kekurangan (dari pemerintahan), dari mengakui kelemahan-kelemahan ini nanti memunculkan apa yang harus diperbaiki, dan dapat bersama-sama mencarikan solusinya," kata Anzori.
 
Presiden Prabowo juga mengajak semua pihak untuk ikut berkontribusi memajukan dan mewujudkan cita-cita rakyat terhadap bangsa. Mengesampingkan ego seperti itu tentu tidak mudah, namun kata dia Presiden Prabowo Subianto bahkan mampu melakukan hal seperti itu.
 
"Kepemimpinan yang baik itu sudah semestinya juga diwujudkan oleh pemimpin-pemimpin hingga ke tingkat daerah, provinsi, kabupaten dan kota," kata dia.
 
Selain kepemimpinan yang mengagumkan, Anzori menilai Prabowo sudah tahu dan paham secara spesifik apa saja yang harus dilakukan untuk menyejahterakan rakyat lima tahun ke depan.
 
Presiden Prabowo menyampaikan langsung tentang kedaulatan pangan yang harus dilakukan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Artinya, menurut Anzori tujuan presiden sudah sangat jelas tentang penguatan di sektor pangan.
 
Begitu juga lanjut dia tentang kedaulatan energi, pendidikan, gizi, hilirisasi, Presiden Prabowo memberikan fokus terhadap hal-hal itu.
 
"Meskipun sudah ada penekanan apa yang dilakukan, namun untuk mewujudkan tentunya harus ada dukungan aktif dari semua pihak. Kolaborasi, kerja sama dan saling dukung penting sekali agar apa yang sudah direncanakan dapat segera terwujud," ujarnya.

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024