Bengkulu (Antara) - Cuaca buruk di perairan Samudera Hindia membuat pihak Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Bengkulu membatalkan pelayaran kapal feri Pulo Tello yang melayani transportasi dari Kota Bengkulu menuju Pulau Enggano.

"Pelayaran hari ini terpaksa dibatalkan karena cuaca buruk dengan ketinggian gelombang sampai lima meter," kata Supervisor ASDP Bengkulu, Asri, di Bengkulu, Selasa.

Ia mengatakan peringatan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu menyebutkan ketinggian gelombang hingga lima meter di perairan Bengkulu akan terjadi hingga Rabu (18/5).

Pertimbangan keselamatan pelayaran membuat pihak ASDP membatalkan pelayaran ke pulau terluar berpenduduk lebih 2.800 jiwa itu.

"Kalau dipaksakan berlayar bisa membahayakan keselamatan jiwa penumpang," ujarnya.

Pembatalan pelayaran tersebut menurut Asri sudah disampaikan kepada para calon penumpang kapal feri di Pelabuhan Pulau Baai.

Sesuai jadwal, tambah dia, bila cuaca membaik pelayaran akan kembali dilakukan pada Jumat (20/5).

Jadwal pelayaran dari Kota Bengkulu ke Pulau Enggano berlangsung dua kali dalam sepekan yakni setiap Selasa dan Jumat dengan jumlah penumpang setiap pelayaran rata-rata 60 hingga 70 orang.

Selain kapal feri Pulo Tello, pelayaran ke Pulau Enggano juga dilayani kapal perintis dengan jadwal pelayaran sekali dalam 10 hari.***1***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016