Rejanglebong (Antara) - Pemerintah Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, saat ini tengah mengoptimalkan pengelolaan kawasan wisata setempat sehingga bisa mengundang minat orang datang ke daerah itu.
Menurut keterangan Bupati Rejanglebong Ahmad Hijazi di Rejanglebong, Selasa, upaya mendorong bangkitnya dunia pariwisata di daerah yang dipimpinnya itu ialah dengan memasukannya dalam visi dan misinya sebagai bupati lima tahun depan yang diberi tajuk Rejanglebong kota wisata.
"Visi misi pembangunan bidang kepariwisataan ini sudah masuk dalam RPJMD Bupati Rejanglebong 2016-2021, jadi selain akan membentuk Rejanglebong sebagai kota pendidikan, religius juga kota wisata," katanya.
Potensi bidang kepariwisataan yang dimiliki daerah itu tambah dia, tidak kalah dengan Bali. Cuma bedanya jika di Bali pengelolaannya sudah profesional sedangkan di Rejanglebong belum dikelola bahkan terkesan muncul dengan sendirinya.
Beberapa objek wisata yang dimiliki Rejanglebong kata dia, di antaranya ialah Danau Mas Harun Bestari (DMHB), kemudian Gunung Api Bukit Kaba, permandian Suban Air Panas, belum lagi objek wisata air terjun yang hampir di setiap kecamatan dapat di jumpai.
Untuk di kawasan DMHB selain menjadi pusat rekreasi masyarakat juga akan dijadikan sentra kebudayaan daerah yang ada di Tanah Air. Kawasan ini mulai 2017 akan dijadikan miniatur Taman Mini Indonesia Indah, di mana seluruh rumah adat nusantara akan dibangun ditempat itu.
Optimalisasi bidang kepariwisataan di Rejanglebong tersebut kata dia, akan dimasukan dalam penyusunan APBD perubahan, dengan tahap awal anggaran yang dialokasikan sebesar Rp5 miliar untuk sejumlah kegiatan di DMHB. Sedangkan pembangunan jalan wisata di Gunung Api Bukit Kaba, dan peningkatan infrastruktur objek wisata lainnya baru akan dimasukan dalam penyusunan APBD 2017.
"Untuk mewujudkan pembangunan sektor kepariwisataan ini, saya mengajak kalangan masyarakat Rejanglebong agar sama-sama menjaga keamanan lingkungan agar para pengunjung yang datang dapat aman dan nyaman. Selain itu masyarakat Rejanglebong juga harus murah senyum, sehingga orang yang datang kesini akan senang," ujarnya. ***1***
(T.KR-NMD/B/F003/F003) 24-05-2016 21:56:29

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016