Rejanglebong (Antara) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, mengharapkan pengelolaan kawasan wisata setempat dilakukan secara optimal sehingga memberikan kontribusi bagi daerah.

"Harapan tersirat agar Curup menjadi Kota Idaman, yakni indah, aman dan nyaman bisa terwujud. Konsep ini bukanlah tidak mendasar karena Rejanglebong ini didukung keindahan dan potensi alamnya, kedepan kita harapkan potensi ini bisa memberikan kontribusi yang besar bagi daerah," kata Wakil Ketua I DPRD Rejanglebong, Yurizal, saat memimpin rapat paripurna peringatan HUT Kota Curup ke 136, Minggu.

Potensi yang dimiliki Rejanglebong tersebut kata dia, jika dikelola secara maksimal akan menjadikan daerah itu sebagai kota tujuan wisata di Bengkulu, sehingga ke depannya dapat memberikan pendapatan bagi daerah dan masyarakat setempat.

Peringatan HUT ibu kota Rejanglebong yang diperingati setiap tahunnya itu juga tambah dia, hendaknya dapat menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat dalam melestarikan kesenian dan kebudayaan daerah Rejanglebong sehingga mendukung terwujudnya Rejanglebong sebagai daerah wisata sesuai dengan visi misi bupati dan wakil bupati daerah itu.

Selain itu, kata Yurizal, sejumlah kegiatan yang dilaksanakan dalam peringatan HUT Kota Curup ke 136 tahun ini agar dijadikan ajang mempromosikan berbagai potensi yang dimiliki Rejanglebong baik seni dan budaya lokal serta bidang kepariwisataan.

Promosi ini sangat penting dalam rangka mengundang minta orang untuk datang ke Rejanglebong.

"Untuk itu kami mengajak masyarakat Rejanglebong untuk sama-sama menjaga keamanan lingkungan guna mendukung dunia kepariwisataan di Rejanglebong," ujarnya.

Sementara itu Bupati Rejanglebong, Ahmad Hijazi dalam sambutannya menjelaskan peringatan HUT Kota Curup ke 136 diisi dengan kegiatan festival seni dan budaya daerah serta beberapa perlombaan lainnya yang bertujuan mempromosikan potensi yang dimiliki daerah itu baik dalam bidang kesenian dan kebudayaan maupun pariwisata. .

Dalam festival seni dan budaya Rejanglebong peringatan HUT daerah itu terhitung 19-29 Mei yang diisi dengan berbagai kegiatan perlombaan seni dan budaya lokal serta pementasan kesenian dari beberapa daerah di Tanah Air, kemudian pameran dan bazar.

Beberapa kesenian daerah yang dilombakan panitia kata dia, diantaranya lomba bekulo (perasanan atau pendekatan antar keluarga sebelum acara pernikahan), bujang semulen (bujang dan gadis) tari kejei (tari khas Rejang), menulis dan membaca huruf Ka Ga Nga (huruf asli masyarakat Rejang), busana Pei Ka Ga Nga (busana daerah Rejang) dan lomba lagu daerah Rejang.***1***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016