Mukomuko (Antara) - Harga berbagai jenis sayuran terutama cabai merah di pasar tradisional Kelurahan Koto Jaya, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, saat ini sebesar Rp26.000 per kilogram atau mengalami kenaikan Rp6.000 per kilogram dibandingkan sebelumnya.

"Harga cabai merah naik sebesar Rp6.000 per kilogram (kg) dari Rp20.000 menjadi Rp26.000 per kg," kata pedagang sayuran di pasar tradisional Kelurahan Koto Jaya Makomah, di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan, padahal sepekan yang lalu harga cabai merah di daerah itu sempat turun karena banyak petani dari dan luar daerah itu yang panen dan hasil panennya dijual di pasar ini.

"Sekarang ini banyak petani yang sudah habis panen cabai sehingga harga kembali naik," ujar dia.

Sedangkan, katanya, harga bawang putih juga mengalami kenaikan dari dari sebesar Rp32.000 menjadi Rp38.000 per kg. Termasuk harga bawang merah yang kualitas bagus masih naik dari Rp32.000 menjadi Rp35.000 per kg.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko Nurngubaidi mengatakan harga cabai merah dan sayuran lain di pasar tradisisonal mengikuti musim.

Pada saat sayuran sedang tidak musim, maka secara otomatis harganya naik.

Pemerintah setempat tidak bisa mengendalikan harga sayuran di pasar tradisional di daerah itu. ***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016