Bengkulu (Antara-IPKB) - Rapat koordinasi program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2016 di gelar.

Rapat koordinasi program KKBPK pada Kamis, 2/6 di Bengkulu itudibuka langsung pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Sumardi.

Hadir dalam rapat koordinasi program pembangunan kependudukan di daerah itu terdapat unsur TNI, kepala SKPD KB unsur kemitraan, Kantor Kementerian Agama Provinsi Bengkulu serta PKK, Koalisi Kependudukan, IPADI, FAPSEDU.

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Bengkulu Maryana kepada media di Bengkulu mengatakan, rakorda program KKBPK sebagai upaya sinergitas antara pemerintah dan pemerintah daerah bersama mitra kerja dalam mendukung pembangunan bidang pengendalian penduduk guna mewujudkan Nawa Cita. 

Sehingga dengan bersinerginya kebijakan dan strategi dapat sejalan dengan kebijakan pembangunan kependudukan, KB dalam rencana pembangunan jangka panjang menengah nasional (RPJMN) 2015-2019.

Dengan, penguatan dan pemaduan kebijakan pelayanan KB dan kesehatan reproduksi.

Dikatakan Maryana, pembangunan bidang pengendalian penduduk merupakan langkah dalam merevitalisasi pembangunan sumber daya masnusia.

Sementara itu Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Sumardi menambahkan, pelaksanaan program KKBPK di daerah itu untuk dapat lebih ditingkatkan lagi. Sebab, KB selain sejalan dan searah dengan Nawa Cita, KB juga lebih pada peningkatan kualitas manusia serta mampu menekan angka kemiskinan.

Selain itu, program pengaturan jarak kehamilan yang dikenal itu, juga amat relevan dengan visi pemerintah daerah setempat dengan tujuh program prioritas pokok. Program itu harus digalakkan semua elemen pemerintah (SKPD) Provinsi Bengkulu, ujarnya.

Tujuh program prioritas terdapat Bengkulu cerdas, sehat, Bengkulu maju. Dari visi tersebut sejalan dengan tujuan program KB dan pembangunan keluarga.(dl)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016