Mukomuko (Antara) - Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Mukomuko menyiapkan sebanyak lima pos pengamanan (Pospam) kendaraan pribadi dan umum yang mudik dan balik Idul Fitri 1437 Hijriah di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di daerah itu.

"Kesiapan kita menyiapkan tim pengamanan yang kita bagi ke dalam lima titik pospam," kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Mukomuko Ruslan, di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan, sebanyak lima pospam itu tersebar di sepanjang Jalinsum mulai dari Kecamatan Air Rami, Ipuh, Penarik, Kecamatan Kota Mukomuko, dan Kecamatan Lubuk Pinang,

"Kita memanfaatkan kesempatan ini untuk pengamanan terhadap arus mudik, baik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum," ujarnya.

Ia mengatakan, hari ini petugas instansi ini bersama satuan lalu lintas Polres setempat akan melihat lima titik yang akan didirikan pospam.

Berkaitan dengan armada, katanya, pihaknya tidak menyiapkan armada khusus karena di daerah itu tidak ada bus khusus untuk angkutan orang.

Selain itu, katanya, daerah itu belum ada trayek khusus untuk kendaraan angkutan orang dan barang di daerah itu.

Pihaknya, katanya, memanfaatkan semaksimal mungkin usaha mobil carteran atau travel yang ada di daerah ini.

Instansi itu, katanya, masih mentolerir pemilik usaha mobil travel melakukan aktivitas pengangkutan orang dan barang, pada saatnya nanti mereka harus mengganti pelat kendaraannya menjadi kuning.***2***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016