Mengetahui ketinggian suatu tempat ketika bepergian adalah hal yang penting. Untuk mengetahui ketinggian tersebut, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Misalnya ketika sedang berada di gunung, untuk mengetahui ketinggian tempat kita berada kita bisa melihat informasi yang disediakan di papan petunjuk ataupun yang lainnya apabila gunung tersebut dikelola baik. 

Namun bagaimana dengan gunung yang tidak dikelola di mana tidak terdapat papan penunjuk ataupun lainnya yang bisa menginformasikan kita mengenai ketinggian tempat kita berada?

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengukurnya dengan menggunakan alat khusus, yaitu altimeter. Altimeter adalah alat yang berfungsi untuk mengukur suatu tempat atau area berdasarkan tekanan udara dan juga dari permukaan laut. Altimeter ini biasanya dipakai untuk kebutuhan navigasi dalam pendakian, penerbangan, ataupun kegiatan yang berhubungan dengan ketinggian lainnya.

Altimeter pun digunakan di dalam penerbangan, dan malah menjadi alat yang wajib terpasang.
Dengan semakin berkembangnya zaman, saat ini altimeter dapat digunakan melalui aplikasi di Smartphone. Pengguna hanya menginstall aplikasi altimeter tersebut di Appstore ataupun Playstore.

Namun, menggunakan altimeter dari aplikasi SmartPhone mempunyai kelemahan, yakni mesti sangat bergantung dengan internet. Kita semua tahu bahwa ketika berada di gunung kita tidak selalu mendapatkan jaringan yang bagus, sehingga hasilnya kurang begitu akurat. Sehingga altimeter berwujud asli masih tetap dibutuhkan.

Sekedar informasi, untuk membeli altimeter sebaiknya kunjungi Ralali.com. Di Ralali.com jual altimeter sangat lengkap dan berkualitas dengan beragam pilihan jenis dan merek ternama.

Lalu bagaimana cara kerja altimeter? Kepadatan udara akan semakin kecil sebanding dengan ketinggian. Alat ini menggunakan perbedaan tekanan udara guna menunjukkan ketinggian suatu tempat.
Untuk memperoleh pembacaan yang akurat, altimeter mesti dikalibrasi dalam kurun waktu tertentu. Biasanya dilakukan di pinggir pantai, sebab titik nol (0) altimeter yaitu permukaan air laut.
Altimeter terdiri dari 3 jenis, yakni altimeter tekanan, altimeter radar dan altimeter laser.

Jenis-jenis Altimeter

Altimeter Tekanan
Altimeter tekanan hampir serupa dengan jenis alat ukur yang dikenal dengan nama barometer aneroid. Jenis altimeter ini mengukur efek dari tekanan udara pada ruang logam yang sebagian besar udaranya sudah ditiadakan. 

Pada sebuah pesawat, altimeter menentukan jarak sebuah pesawat di atas permukaan laut dengan mengukur tekanan atmosfer bumi. Tekanan akan menurun seiringan dengan meningkatnya ketinggian. Kelemahan altimeter ini yaitu sangat berpengaruh dengan perubahan tekanan di dasar tanah yang diakibatkan perubahan keadaan atmosfer.

Altimeter Radar

Jenis altimeter ini mengukur waktu yang dibutuhkan sinyal radio untuk memancar, dari pesawat ataupun satelit ke permukaan bumi kemudian menuju pesawat lagi.

Altimeter Laser

Jenis altimeter selanjutnya yaitu altimeter laser. Cara kerja altimeter ini bekerja dengan cara kerja yang sama dengan altimeter radar, namun memakai gelombang sinar laser, bukan memakai gelombang radio. ***

Pewarta:

Editor : Pemasaran


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016