Rejanglebong (Antara) - Pemerintah Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, memberikan 21 unit kendaraan dinas untuk petugas Pengamanan Swakarsa (Pam Swakarsa) yang bertugas dalam tujuh kecamatan di wilayah Lembak.

Bupati Rejanglebong Ahmad Hijazi saat menyerahkan SK pengangkatan 21 petugas Pam Swakarsa serta penyerahan kendaraan dinas operasional, Selasa, pembentukan Pam Swakarsa ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman serta memberikan kenyamanan kepada masyarakat pengguna Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, Provinsi Sumsel.

"Pam Swakarsa ini dibentuk guna mengubah image negatif tujuh kecamatan di wilayah Lembak yang selama ini kurang perhatian dari pemerintahan sebelumnya, selama ini Lembak dianggap sebagai kawasan rawan kejahatan sehingga membuat orang takut saat melintas kawasan Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau," katanya.

Pemberian kendaraan operasional kepada 21 orang yang akan bertugas di tujuh kecamatan atau per kecamatan tiga orang itu, akan masuk di bawah kendali Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) setempat, dan akan menerima gaji layaknya petugas honorer lainnya.

Para petugas Pam Swakarsa ini memiliki tugas membantu menjaga keamanan di wilayah kecamatan masing-masing dan akan dikoordinasikan oleh Polsek dan Koramil per kecamatan.

Pam Swakarsa ini, memiliki tugas jangka pendek ialah menciptakan keamanan arus mudik dan balik lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah mendatang khususnya yang melintas di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau.

Prioritas penciptaan keamanan dan kenyamanan di tujuh kecamatan yang masuk dalam kawasan Lembak meliputi Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kota Padang, Binduriang, Sindang Beliti Ulu, Sindang Beliti Ilir, Sindang Dataran dan Kecamatan Sindang Kelingi tersebut selain mendukung program pemerintah dalam menciptakan dan menjaga keamanan juga guna menyukseskan pembentukan Kabupaten Lembak, menjadi daerah otonom baru yang terpisah dari Kabupaten Rejanglebong.

Sementara itu untuk pembentukan petugas Pam Swakarsa di delapan kecamatan lainnya tambah dia, saat ini sedang dalam proses pendataan, di mana setiap kecamatan ini akan direkrut dua orang petugas Pam Swakarsa. Sehingga kedepannya 15 kecamatan di Rejanglebong semuanya sudah memiliki petugas Pam Swakarsa.

Sedangkan Dandim 0409 Rejanglebong Letkol Kav Hendra S Nuryahya dalam kesempatan itu meminta para personil Pam Swakarsa ini agar tidak melupakan keamanan diri mereka sendiri dalam menjalankan tugasnya serta mengedepankan koordinasi dengan petugas Polsek dan Koramil masing-masing kecamatan.

"Petugas Pam Swakarsa ini merupakan mata dan telinganya masyarakat, tugas utama mereka saat ini ialah membantu menciptakan keamanan selama arus mudik lebaran, jika bisa menciptakan keamanan tersebut akan menjadi prestasi tersendiri bagi mereka," ujarnya. ***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016