Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan menyiagakan sedikit lima unit mobil ambulans puskesmas yang berada dekat dengan pos terpadu untuk pengamanan dan pelayanan kesehatan bagi pemudik Lebaran di sepanjang Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di daerah itu.

"Sama seperti lebaran tahun sebelumnya, kita menyiagakan sebanyak lima mobil ambulans puskesmas terdekat dengan pos terpadu untuk pengamanan dan pelayanan kesehatan bagi mudik lebaran," kata Kabid Bina Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Heri Junaidi, di Mukomuko, Jumat.

Ia menyebutkan, lima mobil ambulans itu akan disiagakan di lima posko yang tersebar di Kecamatan Air Rami, Kecamatan Ipuh, Kecamatan Penarik, dan Kecamatan Kota Mukomuko.

Selain itu, katanya, pihaknya juga menyiapkan beberapa orang tenaga medis puskesmas yang terdiri dari satu orang dokter, perawat, dan sopir mobil ambulans.

"Tenaga medis puskesmas ini akan bekerja secara bergantian atau sistem piket di posko gabungan tersebut," ujarnya.

Ia minta, tenaga medis yang piket di pos terpadu selama mudik lebaran tahun ini mereka yang beragama nonmuslim.

Sementara itu, katanya, pihaknya sampai sekarang belum mengetahui jadwal pelaksanaan kegiatan pengamanan dan pelayanan kesehatan di pos terpadu. Biasanya saat ini sudah mulai.

"Kami belum tahu jadwal pelaksanaannya. Tetapi begitu pos terpadu dibuka, mobil ambulans dan tenaga medis siap bekerja di pos tersebut," ujarnya.***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016