Rejanglebong (Antara) - Puluhan sopir angkutan umum yang melintas di Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, Rabu (29/6) menjalani tes kesehatan dan urine yang digelar tim gabungan pemerintah daerah setempat.

Menurut keterangan Kabid Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P3PL) Dinas Kesehatan Rejanglebong, Nunung Trimulyanti, disela-sela kegiatan yang dipusatkan di Terminal type-A Simpang Nangka, Kecamatan Selupu Rejang, kegiatan itu dilakukan guna mencegah adanya sopir yang menggunakan narkoba serta memberikan pelayanan kesehatan gratis.

"Pemeriksaan kesehatan yang kami laksanakan ini untuk memastikan para pengemudi yang melintas di Rejanglebong ini terbebas dari penggunaan berbagai zat berbahaya yang bisa mengancam keselamatan penumpang. Selain itu mereka juga menjalani pemeriksaan kesehatan, kalau sopirnya sakit ini juga membahayakan penumpangnya dan kendaraan yang dibawanya," kata Nunung.

Pemeriksaan yang dilakukan tim gabungan dari Dinkes, kemudian Dishub dan Polres Rejanglebong tersebut kata dia, mulai dari penggunaan alkohol, kemudian berat badan, tekanan darah, gula darah, pemeriksaan air seni (urine) hingga konseling dengan dokter.

Pada hari pertama pemeriksaan setidaknya sudah ada 70 sopir dan kernet menjalani pemeriksaan dan semuanya dinyatakan negatif atas penggunaan narkoba, para sopir angkutan kebanyakan merupakan perokok.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan sopir angkutan lebaran di wilayah itu tambah dia, setiap tahun selalu dilaksanakan oleh Pemkab setempat menyasar kalangan sopir angkutan bus antar kota antara provinsi (AKAP) yang mengangkut para pemudik lebaran baik dari arah Jawa menuju Bengkulu atau sebaliknya.

Pemeriksaan kesehatan itu sendiri rencananya akan dilaksanakan selama tiga hari terhitung 29 Juni sampai 1 Juli, dengan harapan nanti kalangan sopir yang melintas di wilayah itu dapat mengikutinya sehingga tindakan yang dilakukan ini dapat mengurangi resiko kecelakaan lalulintas selama arus mudik dan balik lebaran mendatang.

Pantauan dilapangan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan tim gabungan Pemkab Rejanglebong di Terminal type-A Simpang Nangka, Kecamatan Selupu Rejang, ini dilakukan petugas terhadap sejumlah bus AKAP dan AKDP yang datang dari arah Bengkulu menuju Lubuklinggau dan Jawa atau sebaliknya. Pemeriksaan dilakukan satu persatu dengan pengawasan petugas Dishub dan Polres Rejanglebong.***4*** 

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016