Mukomuko (Antarabengkulu.com) - Sejumlah nelayan di Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko selama libur Lebaran 2016 ini beralih profesi menjadi penyedia jasa wisata perahu motor bagi pengunjung objek wisata Pantai Batu Kumbang.

"Setiap libur lebaran kami selalu menyediakan jasa wisata perahu motor bagi pengunjung Pantai Batu Kumbang. Pekerjaan ini hanya sebagai sampingan karena saat ini nelayan libur melaut," kata nelayan Kecamatan Ipuh Noviar, di Mukomuko, Kamis.

Sebanyak delapan perahu motor nelayan di wilayah itu yang menyediakan jasa wisata perahu motor di Pantai Batu Kumbang. Perahu motor yang bermuatan 20 orang ini dihiasi agar menarik.

Ia mengatakan, kegiatan wisata perahu motor di pantai ini akan berlangsung selama seminggu ke depan atau sejak hari pertama hingga kelima lebaran Idulfitri 1437 Hijriah.

Dia menyebutkan, pihaknya memasang tarif sebesar Rp5.000 per orang yang naik perahu dengan rute mulai dari muara Pantai Batu Kumbang sampai ke Sungai Batang Muar dengan jarak sejauh 500 meter.

Ia menyatakan, hari ini saja setiap unit perahu motor memperoleh pendapatan berkisar Rp600 ribu hingga Rp800 ribu.

"Pendapatan yang diperoleh nelayan dari jasa wisata perahu ini termasuk besar karena banyak pengunjung yang tertarik naik perahu ini," ujarnya lagi.

Menurutnya, suasana libur lebaran menjadi berkah bagi nelayan untuk mencari uang selain pergi melaut.

Pewarta:

Editor : Riski Maruto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016