Rejanglebong (Antara) - Pemerintah Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu menyiapkan anggaran Rp10 miliar dalam APBD Perubahan 2016 guna menyukseskan program sekolah gratis tingkat SMA sederajat.

Kepala Dinas Pendidikan Rejanglebong Zakaria Effendi, di Rejanglebong, Sabtu menjelaskan program sekolah gratis ini sudah diberlakukan untuk sekolah tingkat SMA sederajat baik swasta maupun negeri sejak awal Juli 2016.

"Untuk program sekolah gratis tingkat SMA sederajat ini tinggal menunggu Peraturan Bupati Rejanglebong sebagai payung hukumnya, namun pengganggarannya sudah dimasukan dalam APBD-P 2016 dengan besaran mencapai Rp10 miliar," katanya.

Program pembiayaan sekolah gratis tingkat SMA sederajat di Rejanglebong tersebut, kata dia, guna mewujudkan visi dan misi bupati dan wakil bupati daerah itu saat berkampanye Pilkada serentak 2015 lalu.

Besaran subsidi sekolah gratis yang diberikan Pemkab Rejanglebong dalam bentuk iuran SPP per bulannya Rp150.000 per siswa, dimana dana ini akan dicairkan oleh masing-masing sekolah per triwulan.

Untuk itu, dia berharap pihak sekolah mulai tahun ajaran baru ini agar tidak lagi memungut iuran SPP, karena akan dibayar oleh pemkab setempat.

Dengan adanya program sekolah gratis ini maka tidak ada alasan anak usia sekolah tidak bersekolah, karena sekolah dari tingkat SD, SMP dan SMA sederajat sudah gratis dengan pembiayaan pemerintah pusat dan daerah.

Kalangan siswa SMA sederajat yang tersebar dalam 15 kecamatan di daerah itu yang jumlahnya mencapai 10.000 orang itu, tambah dia, nantinya bisa menimba ilmu pengetahuan dengan baik tanpa harus memikirkan biaya sekolah yang harus dibayarkan setiap bulannya.***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016