Mukomuko (Antara) - Pemerintah Provinsi Bengkulu tahun ini menargetkan pelayanan kesehatan gratis untuk warga di empat desa terpencil di Kabupaten Mukomuko.

"Empat desa terpencil atau yang berada di pedalaman Kabupaten Mukomuko, yakni Desa Semambang Makmur, Desa Gajah Makmur, Desa Talang Buai, dan Desa Mekar Jaya," kata Kabid Bina Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Heri Junaidi di Mukomuko, Sabtu.

Ia mengatakan, pelayanan kesehatan gratis yang rutin digelar oleh pemerintah provinsi setempat setiap tahun itu menggunakan jasa dokter spesialis.

Ia mengatakan, kegiatan pelayanan kesehatan pertama menggunakan dokter spesialis anak sudah dilaksanakan oleh provinsi di Desa Simambang Makmur, Kecamatan Malin Deman.

Ia menyebutkan, dari hasil pelayanan kesehatan di wilayah itu, ditemukan banyak anak-anak yang mengidap penyakit infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA.

"Pada saat itu juga anak-anak dibantu pengobatan penyakit tersebut," ujarnya.

Setelah itu, katanya, dinas kesehatan provinsi berencana memberikan pelayanan kesehatan di tiga desa terpencil lainnya, Desa Gajah Makmur, Desa Talang Buai, dan Desa Mekar Jaya.

Namun, ia mengatakan, belum mengetahui tenaga medis yang akan memberikan pelayanan kesehatan kepada warga di desa terpencil.

"Kalau pertama ini dokter spesialis anak. Setelah itu kemungkinan spesialis penyakit dalam dan penyakit jantung. Karena dua jenis penyakit itu mendominasi warga di desa terpencil di daerah ini," ujarnya. ***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016