Bengkulu (IPKB) - Peserta KB di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu tahun ini raih peringkat III nasional dalam lomba KB Lestari 20 tahun.

Kepala Bidang Advokasi dan Penggerakan Informasi (ADPIN) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Bengkulu Edi Syofyan mengatakan, dalam lomba tingkat nasional tahun 2016 yang digelar sejak 19-22 Juli 2016 di Jakarta, pada lomba KB Lestari 20 tahun tersebut Provinsi Bengkulu meraih juara III.

Peserta yang menggondoli juara tersebut yakni pasangan bapak Suparapto dan Siti Juariah, akseptor KB dari Kecamatan Air Rame, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, ujar Edi dikantor baru ini.

Selain mendapat penghargaan keluarga yang menang dalam lomba itu mendapat penghormatan dengan undangan Bapak Presiden RI Joko Widodo pada peringatan HUT RI 2016.  

Pelaksana harian (Plh) Kepala BKKBN Bengkulu Iskandar menambahkan, dalam lomba institusi masyarakat pedesaan (IMP) dan KB Lestari Provinsi Bengkulu terus mendapat posisi juara pada tingkat nasional, sebelumnya pada 2013 lalu Bengkulu meraih peringkat II nasional lomba KB Lestari, kata Iskandar kepada media dikantornya akhir Juli lalu.

Pemenang juara dua tingkat nasional pada 2013 itu yakni peserta dari pasangan keluarga Endang Suep dan Sunaina. Dengan menyandang sebagai peserta KB 15 tahun yang menggunakan metode Intra Uterine Device (IUD).

Iskandar mengatakan, lomba IMP dan Kader KB yang digelar lembaga penyelenggara program KKB itu guna meningkatkan animo dan motivaasi masyarakat terhadap penyelenggaraan program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga.

Lomba IMP dan kader kata Iskandar telah dilakukan dalam beberpa tahapan.

Sebelum mengikuti lomba tingkat nasional telah dilakukan seleksi tingkat kabupaten/kota dan provinsi.

"Setelah melalui proses seleksi tingkat kabupaten/kota dan provinsi peserta lomba KB lestari 15-25 tahun BKKBN setempat mendapati peserta KB lestari 15 tahun untuk mengikuti lomba tingkat Nasional," katanya.

Ia menambahkan, selain peserta KB Lestari 20 tahun, Provinsi Bengkulu tahun ini, dalam lomba kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR) mendapat peringkat harapan III, yakni kelompok BKR dari Kabupaten Seluma, pungkas Iskandar.(rs)

Pewarta: Idris

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016