Mukomuko,  (Antara) - Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan segera membagikan bantuan sebanyak 348 ekor itik air dari pemerintah setempat kepada kelompok tani di daerah itu.

"Segara kita bagikan setelah penetapan tentang teknis pembagiannya selesai yakni bantuan sosial (Bansos)," kata Kabid Peternakan Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko Jumadi di Mukomuko, Selasa.

Pihaknya telah menetapkan empat kelompok tani penerima bansos, yakni tiga kelompok tani dari Kampung Sejahtera Kelurahan Koto Jaya dan satu kelompok dari Kecamatan Air Manjuto.

Ia mengatakan, pihaknya menunggu penetapan dari DPKAD yang menangani masalah aset daerah supaya bantuan yang diberikan kepada kelompok tani itu tidak lagi menjadi aset.

Dikatakan, seperti diketahui itik air itu makhluk hidup yang tidak bisa diprediksi kapan dapat bertahan hidup dan mati. Sehingga tidak bisa dijadikan aset.

Bantuan itik air ini untuk menambah jumlah populasi itik air di daerah itu yang berjumlah sebanyak 24.494 ekor.

Pihaknya memilih tiga kelompok tani di Kampung Sejahtera yang paling banyak menerima bantuan tersebut karena wilayah itu diprioritaskan menerima program dari pemerintah stempat .

Pemerintah berharap, itik air petelur yang diberikan kepada kelompok tani di wilayah tersebut bisa meningkatkan ekonomi bagi anggota kelompok yang terdiri dari warga yang kurang mampu secara ekonomi di daerah itu.

"Ini salah satu program pemerintah di sini dalam mengatasi dan mengurangi angka kemiskinan," ujarnya lagi.

Ia berharap, kelompok ini bisa mengembangkan itik air tersebut, sehingga tidak berhenti setelah itik tidak bisa menghasilkan lagi.

Anggota kelompok ini, katanya, harus mengembangan budi daya itik air ini dengan cara menyediakan mesin untuk penetas telur itik, sehingga tersedia bibit itik baru setelah yang lama tidak berproduksi lagi. ***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Riski Maruto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016