Rejanglebong (Antara) - Sebanyak 21 orang lulusan SMK Negeri 3 Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, angkatan 2015 lalu saat ini diterima bekerja di Negara Malaysia.

Menurut keterangan Asep Suparman Kepala SMKN 3 Rejanglebong, di Rejanglebong, Minggu, alumni sekolah yang dipimpinnya itu bekerja di berbagai perusahaan elektronik yang ada di negeri jiran tersebut.

"Alhamdulillah alumni SMK Negeri 3 Rejanglebong angkatan tahun 2015 lalu, saat ini sudah bekerja di Malaysia. Mereka ini selain bekerja juga meneruskan pendidikannya di perguruan tinggi yang ada di Malaysia," katanya.

Alumni sekolah yang dipimpinnya itu kata dia, diterima bekerja di luar negeri berkat kerjasama SMKN 3 Rejanglebong dengan SMKN 1 Losarang Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat dan bursa kerja khusus (BKK) Jawa Barat yang sudah mengirim ratusan pelajar dari SMKN 1 Losarang untuk bekerja di beberapa negara.

Untuk meneruskan kerjasama ini pihaknya tambah dia, pada Sabtu (27/8) kemarin, kembali menandatangani kerjasama dengan SMKN 1 Losarang dan BKK Jawa Barat. Dalam perjanjian kerjasama ini peluang lulusan SMKN 3 Rejanglebong untuk bekerja di luar negeri semakin luas, dengan sasaran Malaysia dan Jepang.

"Selain Malaysia juga akan dikirim ke beberapa perusahaan besar di Jepang. Untuk tahap awal jumlah lulusan yang akan dikirim sebanyak 10 orang, yang akan dikirim ini merupakan lulusan terbaik dan lulus seleksi yang akan dilaksanakan Oktober mendatang," ujarnya.

Sedangkan untuk lulusan SMKN 3 Rejanglebong yang akan disalurkan ke sejumlah perusahaan di Malaysia kata Asep Suparman jumlah kuotanya mencapai 1.000 orang sehingga setiap tahunnya bisa dikirimkan puluhan orang. Peserta yang akan dikirim ke Malaysia ini bisa berasal dari alumni sekolah itu maupun yang saat ini masih duduk di kelas III, dengan jadwal seleksi dilakukan setiap bulan.

Dengan dibukanya peluang lulusan SMKN 3 Rejanglebong bekerja ke luar negeri tersebut dia berharap, akan meningkatkan minat para orangtua untuk menyekolahkan anak-anak mereka di daerah itu ke SMK, karena tamatan sekolah itu bisa langsung bekerja.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Rejanglebong, Zakaria Efendi berharap jejak yang dilakukan SMKN 3 Rejanglebong ini bisa diikuti oleh SMK lain yang ada di Kabupaten Rejanglebong sehingga lulusan SMK di wilayah itu akan bisa langsung bekerja baik di dalam maupun luar negeri. ***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016