Rejanglebong (Antara) - Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, saat ini menjalin kerjasama dengan kelompok pemuda setempat guna meningkatkan minat baca masyarakat daerah itu.

Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Rejanglebong M Zen, di Rejanglebong, Senin, menjelaskan kerjasama yang dilakukan pihaknya itu ialah dengan kelompok kepemudaan yang menamankan diri Komunitas Muda Berkarya Rejanglebong.

"Kerjasama dengan Komunitas Muda Berkarya untuk membantu meningkatkan minat baca baik para pelajar maupun masyarakat umum yang ada di Rejanglebong," katanya.

Menurut dia, kerjasama yang dibangun itu ialah menjadikan Komunitas Muda Berkarya ini sebagai kelompok relawan perpustakaan dalam melakukan pembinaan ke tingkat sekolah-sekolah dalam 15 kecamatan di Rejanglebong.

Komunitas ini nantinya akan membentuk duta baca di setiap sekolah, dan pihak sekolah sendiri juga diminta berpartisipasi dengan cara ikut mendonasikan buku pelajaran yang dimiliki sekolah untuk perpustakaan yang dibentuk di desa ataupun sekolah masing-masing.

Tugas duta baca yang berasal dari masing-masing itu nantinya ialah mengajak teman-temannya untuk membaca, kemudian pihak sekolah juga diminta dapat memotivasi para pelajar untuk giat membaca dan belajar secara berkelanjutan baik saat berada di rumah maupun saat sudah tamat sekolah.

Selain melakukan kerjasama dengan Komunitas Muda Berkarya, kemudian menyiapkan program duta baca di masing-masing sekolah mulai dari SD, SMP dan SMA sederajat, Perpustakaan dan Arsip Daerah Rejanglebong kata M Zen juga mengoperasikan satu unit perpustakaan keliling desa yang mereka miliki saat ini, dan rencananya pada 2017 mendatang akan mereka ajukan penambahan satu unit lagi ke pemerintah pusat.

Sementara itu kondisi perpustakaan daerah yang dipimpinnya itu kata dia, terus berkembangan dengan jumlah koleksi buku mencapai 15.953 eksamplar, dengan jumlah judul buku sebanyak 14.507 judul.***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016