Bengkulu (Antara) - Pemerintah Kota Bengkulu pada triwulan pertama 2017 menyiapkan pemasangan 10.000 instalasi baru saluran air PDAM gratis untuk masyarakat.

Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan di Bengkulu, Sabtu mengatakan pemerintah kota menyediakan pemasangan instalasi gratis ini ditujukan untuk masyarakat tidak mampu.

"Kita akan melakukan pemasangan dari awal 2017, silahkan laporkan ke kelurahan atau PDAM langsung dengan memenuhi persyaratan yang ditentukan," kata dia.

Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kata Wali Kota, pemerintahan harus memenuhi sisi strategis, seperti penyediaan lapangan kerja, pendidikan, layanan kesehatan dan kebutuhan vital.

"Dan air merupakan salah satu kebutuhan yang paling penting dalam kehidupan, kita berharap dengan pemasangan instalasi ini, masyarakat tidak kesusahan lagi untuk memenuhi kebutuhan air sehari-harinya," kata dia lagi.

Untuk sediaan air baku, PDAM Kota Bengkulu masih bergantung pada sumber air dari aliran Sungai Muara Bangkahulu. Kondisi sungai tersebut tercemar limbah batu bara di hulu sungai yang berada di Kabupaten Bengkulu Tengah.

"Kita terus upayakan perbaikan kualitas air, dan sudah berupaya terus melaporkan kondisi kualitas air ini baik ke Pemerintah Provinsi Bengkulu maupun Pemerintah pusat," kata Helmi.

Permasalahan pencemaran air ini tidak bisa ditanggulangi sendiri oleh Pemerintah Kota Bengkulu sebab daerah pencemarnya berada di kabupaten lain.

"Selain itu, daerah aliran sungai atau DAS, merupakan kewenangan pemerintah pusat. Kita berharap secepatnya permasalahan ini segera selesai dan masyarakat bisa menikmati air yang layak konsumsi," ujarnya.***3***

Pewarta: Boyke LW

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016