Mukomuko (Antara) - Warga Desa Sumber Makmur, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menghibahkan lahan seluas satu hektare untuk lokasi pembangunan pasar kawasan pedesaan di wilayah tersebut.

"Lahan untuk lokasi pasar itu seluas satu hektare. Lahan tersebut milik warga yang dihibahkan kepada pemerintah," kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Mukomuko, Badi Uzaman, di Mukomuko, Senin.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) segera membangun pasar kawasan perdesaan di Desa Sumber Makmur, Kecamatan Sungai Rumbai.

Ia memastikan, saat ini lahan seluas satu hektare yang dihibahkan oleh warga untuk lokasi pembangunan pasar kawasan perdesaan tersebut resmi menjadi aset negara.

"Kami pastikan tidak ada masalah lagi dengan lahan. Karena niat warga menghibahkan lahannya itu supaya desanya cepat berkembang," ujarnya.

Ia menyebutkan, sebesar Rp1,25 miliar anggaran untuk pembangunan pasar semi modern di Desa Sumber Makmur tersebut. Anggaran tersebut bersumber dari APBN.

Ia menjelaskan, fasilitas yang disediakan di pasar semi modern itu, selain bangunan permanen, termasuk sanitasi dan air bersih.

Untuk pengembangannya, katanya, stasiun pengisian bahan bakar umur (SPBU) dan lembaga perbankan.

"Pengelolaan pasar semi modern ini yakni Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)," ujarnya lagi.***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016