Rejanglebong (Antara) - Perusahaan Umum Bulog Sub Divisi Regional Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, meluncurkan program Rumah Pangan Kita di daerah itu.

Kepala Sub Divre Bulog Rejanglebong Zulkifli didampingi Kasi Komersial Revi Bernadi saat ditemui di Rejanglebong, Kamis, mengatakan program RPK ini dilaksanakan secara nasional dengan tujuan untuk membantu perekonomian dan pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat.

"Dalam program RPK ini masyarakat bisa menjadi mitra penjualan produk-produk Bulog seperti beras, minyak goreng dan gula, adapun harga pembelian yang diberikan sesuai harga distributor," katanya.

Program itu sendiri kata dia, baru berjalan 10 hari, namun selain outlet yang didirikan di depan gudang Bulog Rejanglebong juga sudah berdiri lima oulet sahabat RPK Bulog setempat tersebar di lima lokasi berbeda.

Sahabat RPK ini diantaranya berada di Desa Tempel, kemudian Desa Simpang Kota Bingin di Kecamatan Curup Selatan, Kelurahan Dewi Tunggal, Kecamatan Curup dan satu lokasi lagi berada di Desa Merigi, Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Kepahiang yang posisinya berbatasan dengan Rejanglebong.

Dalam program RPK ini Bulog memberikan harga khusus kepada masyarakat yang akan berbelanja kebutuhan pokok, untuk beras seberat satu cupak (takaran berat yang umum di Rejanglebong atau seberat 1,6 kg) dihargai Rp13.500. Kemudian gula pasir dijual Rp13.000 per kg, serta minyak kemasan merek fortune Rp12.500 per kg.

Selain melakukan penjualan paket sembako di depan gudang Bulog Rejanglebong, kemudian kerjasama melalui outlet yang dikelola masyarakat, pihaknya juga memberikan kesempatan kepada masyarakat Rejanglebong untuk menjadi mitra Bulog dalam penjualan produk Bulog dengan harga terjangkau.

Untuk menjadi mitra Bulog ini, guna memasarkan barang-barang kebutuhan pokok disekitar tempat tinggalnya sehingga akan dipasok oleh Bulog dengan harga distributor cukup menyiapkan beberapa persyaratan yakni foto kopi, KTP, NPWP dan surat keterangan usaha dari pemerintahan desa atau kelurahan setempat.

Dengan adanya program RPK itu kata dia, diharapkan bisa mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sembako dengan harga yang terjangkau, juga bisa membuka peluang usaha bagi masyarakat dengan menjadi sahabat atau mitra RPK dari Bulog.***3***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016