Mukomuko (ANTARA Bengkulu) - Berbagai jenis dan warna bunga terbuat dari bahan baku kantong plastik saat ini populer di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, karena bentuknya menarik dan bisa dibuat sendiri.

"Bunga plastik itu kami buat sendiri, baik yang ukuran besar maupun kecil, dan bahan bakunya kantong plastik tidak mahal," kata Warga Desa Ujungpadang Gustian, di Mukomuko, Sabtu.

Selain bunga plastik yang dibuat sendiri oleh warga itu untuk menghiasi rumahnya, keterampilan tersebut juga dimanfaatkan warga setempat untuk menjual hasil karyanya kepada warga yang tidak sempat membuatnya.

"Ada juga warga yang tidak sempat buat sendiri memesan sama kami dan harganya satu tangkai bunga itu seharga Rp15 ribu yang ukuran besar," ujarnya.

Sedangkan bahan baku untuk membuat bunga plastik, menurut dia, plastik, lem lilin, kawat ukuran kecil dan besi kecil untuk batangnya.

 "Satu kantong plastik yang besar itu bisa membuat satu tangkai bunga dan tiga kantong plastik itu hanya seharga Rp5.000,-," ujarnya.

 Warga Desa Pondokbatu, Lukman mengatakan, setiap hari istrinya membuat bunga dari bahan baku plastik guna mengisi kekosongan karena tidak ada aktivitas pekerjaan.

 "Sekarang itu ibu-ibu mengisi kegiatan di rumah dengan membuat bunga plastik, kalau banyak yang dihasilnya bisa dijual juga," kata pegawai negeri sipil di Dinas Pekerjaan Umum setempat itu.(ant)


Pewarta:

Editor : Ferri Aryanto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012