Mukomuko (Antara) - Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melibatkan Kantor Kementerian Agama setempat dalam menjaring peserta Seleksi Tilawatil Quran (STQ) terbaik tingkat kabupaten setempat untuk berlomba di tingkat provinsi.

"Dalam STQ tingkat kabupaten selama tiga hari, tanggal 25-27 Oktober 2016 untuk menjaring Qori dan Qoriah, termasuk Tartil dan Tilawah terbaik asal daerah ini untuk berlomba di STQ tingkat provinsi," kata Kabag Kesra Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Ansari di Mukomuko, Minggu.

Ia menyebutkan, sebanyak 120 orang yang terdiri dari anak-anak dan remaja yang tersebar di 15 kecamatan di daerah itu yang akan menjadi peserta STQ tingkat kabupaten.

Ratusan orang ini, katanya, merupakan Qori dan Qoriah terbaik yang mewakili kecamatan di daerah ini, atau sebanyak delapan orang per kecamatan.

"Mereka ini pemenang STQ di tingkat kecamatannya masing-masing," ujarnya.

Pemerintah setempat, katanya, menggandeng Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat untuk menjadi tim penilai yang akan menilai peserta STQ terbaik tingkat kabupaten setempat.

"Kita bekerjasama dengan Kemenag dan tokoh agama untuk mencari peserta STQ terbaik," ujarnya lagi.

Ia menerangkan, tujuan STQ ini tidak hanya mencari yang terbaik Qori dan Qoriah dan Tartil dan Tilawah, tetapi juga bertujuan untuk pembinaan.

"Kita mengadakan STQ ini untuk meningkatkan semangat anak-anak dan generasi muda di daerah ini untuk mencintai Al Quran," ujarnya. ***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016