Bengkulu (Antara) - Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto dijadwalkan membuka "Bengkulu Expo & Soft Opening Karnaval Batik Nusantara 2016" pada 17 Nopember 2016 untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Bengkulu ke-48.

"Menteri Perindustrian dijadwalkan hadir untuk membuka Bengkulu Expo dan Karnaval Batik Bengkulu," kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Erik Rizal di Bengkulu, Selasa.

Ia mengatakan perhelatan yang diadakan di lapangan pusat olahraga Pantai Panjang, Kota Bengkulu merupakan rangkaian kegiatan HUT Provinsi Bengkulu yang digelar selama empat hari.

Provinsi Bengkulu dimekarkan dari Provinsi Sumatera Selatan pada 1967 dan setiap 18 Nopember diperingati sebagai hari ulang tahun provinsi di pesisir Samudera Hindia Barat ini.

Kegiatan "Bengkulu Expo" akan memamerkan produk unggulan Bengkulu, termasuk produk ekonomi kreatif dan industri kecil.

Sedangkan karnaval batik akan menampilkan kekayaan motif, corak dan warna batik besurek, batik tulis khas dari Bengkulu.

Rangkaian HUT Provinsi Bengkulu juga akan diisi dengan lomba busana batik besurek, kontes ayam brugo, pagelaran seni tari tradisional dari 10 kabupaten dan kota, lomba dol tingkat pelajar serta kesenian tradisional "bambu gila".

Sebelumnya, Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan mengatakan karnaval tersebut untuk mengenalkan batik Bengkulu sebagai budaya lokal serta mendorong berkembangnya industri batik lokal.

Batik besurek atau disebut juga kain bersurat dari Bengkulu didominasi motif kaligrafi dan dihiasi dengan berbagai simbol daerah seperti bunga rafflesia.

Seperti tahun sebelumnya, karnaval batik tahun ini juga digelar di kawasan Simpang Lima, jantung Kota Bengkulu menempuh jarak tiga kilometer menuju kawasan tugu pemantau tsunami atau "view tower".

Karnaval tersebut akan diikuti para pelajar, aparatur sipil negara, karyawan swasta dan berbagai elemen masyarakat lainnya.***1***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016