Mukomuko (ANTARA Bengkulu) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memprogramkan satu hari tanpa memakai motor dan mobil guna melakukan penghematan bahan bakar minyak di daerah itu.

"Program satu hari tanpa pakai motor itu dalam waktu dekat akan diterapkan setiap Jumat. Kalau pakai sepeda atau kendaraan lain yang tidak mengunakan bahan bakar minyak, masih diperbolehkan," kata Asisten II Sekretariat Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Chaidir, di Mukomuko, Senin.

Hal itu disampaikan oleh Chaidir saat menyampaikan sambutannya mewakili Bupati Mukomuko Ichwan Yunus menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-1 Majalah Bagaya.

Ia mengatakan bahwa program satu hari tanpa memakai motor itu merupakan ide dan gagasan bupati setempat guna menyukseskan kegiatan bersepeda setiap Jumat selain penghematan bahan bakar minyak (BBM).

"Program Bupati sangat positif agar warganya bertahap bisa melakukan penghematan BBM," ujarnya lagi.

Selain itu, lanjut dia, guna mengubah pola pikir warganya. Kalau sebelumnya warga sekadar membeli minyak goreng saja mengunakan motor dan mereka malu mengunakan sepeda, sekarang bertahap warga sudah mulai terbiasa mengunakan sepeda untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Program satu hari tanpa pakai motor itu, kata dia, akan dimulai dari pejabat dan pegawai negeri sipil (PNS) di daerah itu kemudian diikuti oleh semua warga setempat.

"Pemerintah setempat sangat mendukung kegiatan positif seperti sepeda santai yang digelar oleh Majalah Bagaya. Ke depan, kegiatan serupa perlu dicontoh oleh perusahaan lainnya," ujarnya.(ant)

Pewarta:

Editor : Ferri Aryanto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012