Rejang Lebong (Antara) - Pejabat Perum Bulog Sub Divre Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan program pembukaan outlet rumah pangan kita (RPK) di daerah ini mencapai 43 unit.

Menurut Kasi Pelayanan Publik Perum Bulog Sub Divre Rejang Lebong Jefri Gumilar, di Rejang Lebong, Minggu, sebanyak 43 outlet RPK yang menjual bahan kebutuhan pokok tersebut tersebar dalam tiga kabupaten yang ditangani Bulog setempat, yakni Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang, dan Kabupaten Lebong.

"Saat ini outlet RPK yang sudah didirikan sebanyak 43 unit tersebar dalam tiga kabupaten dalam wilayah kerja Bulog Rejang Lebong," katanya lagi.

Outlet RPK yang dibina oleh Bulog Rejang Lebong ini, kata dia, terbanyak berada di Kabupaten Rejang Lebong dengan jumlahnya mencapai 33 unit, kemudian di Kabupaten Kepahiang sebanyak sembilan unit dan di Kabupaten Lebong baru satu unit.

Bulog daerah ini masih terus menyosialisasikan program RPK bagi kalangan masyarakat Rejang Lebong, Kapahiang, dan Lebong. Bulog membuka peluang usaha masyarakat dengan memberikan kesempatan untuk memasarkan produk Bulog, seperti beras, gula, dan minyak goreng, dengan harga lebih murah dari yang ada di pasaran.

"Setiap pembelian di atas satu ton maka barang yang dibeli outlet RPK ini akan diantar langsung ke lokasi masing-masing, pembelian berbagai produk ini tidak dibatasi selagi stoknya ada di gudang Bulog," ujarnya lagi.

Kalangan warga yang ingin membuka outlet RPK atau ingin menjadi mitra RPK ini, kata Jefri, harus memenuhi beberapa persyaratan di antaranya menyiapkan foto kopi KTP, NPWP dan surat keterangan usaha dari pemerintahan desa/kelurahan masing-masing.

Keuntungan dalam usaha RPK ini masyarakat bisa membeli bahan kebutuhan pokok sesuai harga distributor dan menjualnya kembali sesuai dengan HET yang ditentukan pemerintah.

Selain itu, masing-masing RPK ini nantinya pada 2018 akan menjadi penyalur bantuan dalam program e-Warung yang akan menggantikan berbagai bantuan tunai menjadi nontunai melalui pemenuhan berbagai kebutuhan warga tidak mampu yang selama ini menerima program bantuan sosial dari pemerintah, seperti rastra, paket sembako, pembelian gas dan sebagainya.***3***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016