Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Para pedagang di Kota Bengkulu mulai memperbanyak stok ayam broiler untuk mengantisipasi lonjakan permintaan menjelang bulan puasa.

"Kami sudah memesan ke beberapa perusahaan ternak ayam potong untuk cadangan menjelang bulan puasa," kata seorang pedagang ayam broiler di Kota Bengkulu Ny Rahmi, Kamis.

Ia mengatakan, saat ini pasokan daging ayam tersebut tetap lancar meskipun harga mulai bergerak naik, akibat permintaan mulai meningkat menjelang libur sekolah akhir pekan ini.

Harga daging ayam potong saat ini dijual pedagang berkisar Rp28.000 hingga Rp30.000/kg, harga itu naik dari sebelumnya rata-rata Rp26.000/kg.

"Kami tidak bisa menjual daging terlalu murah karena biasaya pakan dan bibit ayam rata-rata sudah naik, dengan demikian pedagang tetap bertahan menjual pada livel di atas Rp26.000/kg," ujarnya.

Untuk harga daging sapi/kerbau saat juga bergerak naik menjadi Rp80.000 dari sebelumnya bertahan Rp75.000, daging kambing naik menjadi Rp60.000 dari sebelumnya Rp55.000 dan daging ayam kampung naik Rp 58.000 dari sebelumnya Rp53.000/kg.

Kabid Perdagangan Dinas perdagangan Kota Bengkulu Rahman mengatakan, permintaan daging ayam dan daging sapi biasa akan meningkat menjelang bulan puasa.

Dengan demikia para pedagang diharapkan mengantisipasi untuk memiliki cadanagn stok yang cukup, sehingga tidak terjadi gejolak harga terlalu tinggi, ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012