Bengkulu (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, menemukan puluhan surat suara yang rusak dari percetakan pada hari pertama tahap pelipatan.

Komisioner Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Bengkulu Tengah BJ Karneli di Bengkulu, Senin, mengatakan baru setengah hari pertama pelipatan, sudah lebih dari 30 lembar surat suara rusak yang ditemukan.

"Ada tiga bentuk kerusakan dan ini terjadi karena rusak saat pencetakan, yang pertama yakni potongan kertas surat suara yang berlebih di sudut kanan surat suara," kata dia.

Kerusakan kedua terdapat noda pada kolom foto pasangan calon, noda ini tidak hanya terdapat pasangan calon tertentu saja.

"Ada surat suara yang terkena noda pada pasangan nomor urut satu, ada juga yang ditemukan pada nomor urut dua dan tiga," kata dia lagi.

Model kerusakan lainnya yakni kertas surat suara terlipat saat pencetakan sehingga warna gambar pada foto pasangan calon terlihat terputus.

Untuk proses penggantian ke pihak percetakan, Karneli mengatakan masih menunggu tahapan akhir pelipatan dan melihat jumlah keseluruhan yang ditemukan rusak.

"Kalau jumlahnya tidak signifikan dan tidak mengganggu jumlah keseluruhan surat suara yakni total pemilih ditambah 2,5 persen, maka kita tidak akan ajukan penggantian," ucapnya.

Namun jika jumlah yang rusak melebihi ribuan lembar maka KPU Bengkulu Tengah akan meminta penggantian kepada percetakan pemegang kontrak kerjasama.

Menurut Karneli tahapan pelipatan surat suara direncanakan digelar selama tiga hari 23--25 Januari 2017. Belasan petugas yang direkrut akan melipat sekitar 84 ribu surat suara.***2***

Pewarta: Boyke LW

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017