Bengkulu (Antara) - Belasan alat peraga kampanye (APK) pasangan calon Bupati Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, mengalami kerusakan akibat cuaca buruk.

Komisioner Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Bengkulu Tengah BJ Karneli di Bengkulu, Sabtu, menyebutkan, kerusakan baliho dan spanduk pasangan calon yang robek akibat angin kencang.

"Tugas KPU yakni menyediakan alat peraga kampanye pasangan calon, tetapi jika terjadi kerusakan maka tanggungjawab penggantian ada pada pasangan calon, bukan kita lagi," kata dia.

KPU Bengkulu Tengah telah mengimbau pasangan calon baik tertulis maupun lisan untuk mengganti alat peraga kampanye yang rusak.

Penggantian kata Karneli harus sama dengan APK yang rusak, baik dari konten, model, ukuran serta lokasi pamasangannya. Peserta pilkada tidak boleh memasang APK di lokasi lain yang tidak diatur dalam Peraturan KPU.

"Namun masih ada yang belum mengganti APK rusak. Tugas kita memasang yang pertama, dan mengimbau jika terjadi kerusakan sudah selesai, selanjutnya di luar tanggungjawab KPU," kata dia lagi.

Pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Tengah 2017 diikuti tiga pasang calon, yaitu calon nomor urut 1 maju lewat jalur perseorangan, Medio Yulistio yang berpasangan dengan Abdu Rani.

Calon nomor urut 2, merupakan satu-satunya yang maju lewat jalur dukungan partai politik. Seluruh parpol mendukung calon petahana Fery Ramli (sebelumnya Bupati Bengkulu Tengah) yang berpasangan dengan Septi Periadi.

Pasangan nomor urut 3 yang juga maju lewat jalur perseorangan, yakni M. Sobri (sebelumnya Wakil Bupati Bengkulu Tengah) berpasangan dengan Naspian.***2***

Pewarta: Boyke LW

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017