Mukomuko (Antara) - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, berencana memperbanyak jumlah tong untuk tempat pembuangan sampah di pemukiman penduduk di daerah itu.

"Kita akan perbanyak jumlah tong tempat sampah di pemukiman penduduk. Kita juga siapkan di persimpangan jalan," kata Kabid Pengelolaan Persampahan, Limbah B3 dan Pengendalian Pencemaran Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko, Budi Yanto, di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan hal itu menindaklanjuti laporan dari warga masyarakat setempat yang kesulitan membuang sampah di sejumlah tempat sampah yang berada jauh dari tempat tinggalnya.

Ia berharap, dengan banyak jumlah tong sampah dapat mempermudah masyarakat membuang sampah rumah tangganya.

Sebelum rencana penyediaan lebih banyak tong sampah di pemukiman penduduk di daerah itu terlaksana, ia minta, masyarakat untuk sementara ini tetap membuang sampah di tempat sampah yang telah disediakan oleh pemerintah.

Ia mengatakan, meskipun jarak tong sampah itu jauh dari tempat tinggal masyarakat. Mereka bisa menggunakan kendaraan membuang sampah di tempat sampah.

Selain itu, ia mengimbau, masyarakat setempat untuk tidak membakar sampah rumah tangga karena asap dapat mencemari udara di daerah itu.

"Sebaiknya sampah rumah tangga jangan dibakar karena dampaknya mencemari udara di daerah ini," ujarnya.

Selain menyediakan tempat pembuangan sampah di persimpangan jalan, ia mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan kelompok swadaya masyarakat untuk mengangkut sampah di depan rumah warga.

"Kita koordinasikan dengan pemerintah desa terkait biaya untuk kelompok ini dalam mengangkut sampah ke tempat sampah," ujarnya lagi. ***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017