Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Pertanian setempat selama dua tahun terakhir menyalurkan pupuk subsidi yang dialokasi pemerintah kepada petani setempat melalui 71 kios yang tersebar di 15 kecamatan di daerah itu.

"Penyaluran pupuk subsidi melalui 71 kios pengecer pupuk subsidi tersebut sudah berlangsung sejak tahun 2015 sampai 2016," kata Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Ali Mukhibin, di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan, instansi itu pada tahun ini itu belum mendapatkan data terbaru jumlah kios pengecer pupuk subsidi yang resmi untuk menyalurkan pupuk subsidi kepada petani.

Ia mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah untuk mendapatkan data terbaru jumlah kios resmi.

"Kami harus punya data nama kios dan alamatnya agar aktivitas kios pengecer pupuk subsidi itu mudah diawasi," ujarnya.

Pihaknya, katanya, melibatkan polisi untuk mengantisipasi penyalahgunaan pupuk subsidi di daerrah itu.

Ia menyebutkan, sebanyak puluhan kios pengecer pupuk subsidi itu tersebar di tiga kios di Kecamatan Kota Mukomuko, empat kios di Kecamatan Lubuk Pinang, delapan kios di Kecamatan Ipuh, tujuh kios di Kecamatan Selagan Raya.

Kemudian, lanjutnya, tujuh kios di Kecamatan Penarik, tiga kios di Kecamatan Malin Deman, sembilan kios di Kecamatan Teramang Jaya, tujuh kios di Kecamatan Sungai Rumbai, delapan kios di Kecamatan Pondok Suguh.

Lalu dua kios di Kecamatan Teras Tunjam, satu kios di Kecamatan V Koto, dua kios di Kecamatan Air Manjuto, satu kios di Kecamatan XIV Koto, enam kios di Kecamatan Air Rami, dan empat kios Kecamatan Air Dikit.***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017