Rejang Lebong (Antara) - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu akan membentuk kampung KB di 15 kecamatan di daerah ini.

Kepala Dinas P3A dan PPKB Rejang Lebong Muradi, di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan program pembentukan kampung keluarga berencana (KB) dalam 15 kecamatan tersebut dilakukan untuk menyukseskan Program KB di Rejang Lebong. Program pembentukan kampung KB ini sudah digulirkan sejak 2016 lalu.

"Pembentukan kampung KB ini pada tahun 2016 lalu sudah dilaksanakan di Desa Air Merah, Kecamatan Curup Tengah. Kampung KB yang akan dibentuk dalam setiap kecamatan pada tahun ini tersebar dalam 14 kecamatan," katanya lagi.

Pembentukan kampung KB itu, kata dia lagi, untuk menekan laju pertumbuhan penduduk melalui Program KB.

Pembentukan kampung KB ini juga diharapkan bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat dalam setiap kecamatan, karena pembentukannya melibatkan dinas/instansi lainnya seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan lainnya, sehingga bisa meningkatkan pengetahuan masyarakat.

Daerah yang akan dijadikan kampung KB itu, ujar dia pula, adalah kawasan kumuh, daerah terpencil, miskin, wilayah perbatasan hingga daerah aliran sungai di Kabupaten Rejang Lebong.

Pihaknya saat ini tengah melakukan pendataan untuk mencari lokasi yang memenuhi kriteria, sehingga bisa dijadikan kampung KB.

Sebelumnya, pada awal 2016 lalu Dinas P3A dan PPKB Rejang Lebong membentuk kampung KB di Desa Air Merah, Kecamatan Curup Tengah. Desa ini menjadi percontohan Program KB di Rejang Lebong dan Provinsi Bengkulu.***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017