Bengkulu (Antara) - Provinsi Bengkulu mendapatkan penambahan kuota haji yang akan diberangkatkan pada 2017 yakni sebanyak 31 jamaah.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, Rolly Gunawan di Bengkulu, Jumat, menyebutkan tambahan ini berasal dari penambahan kuota haji untuk Indonesia dari Pemerintah Arab Saudi yakni sebesar 10.000 jamaah.

"Bengkulu kebagian 31 jamaah, nanti akan dibagi kembali sesuai proporsi dan ketentuan yang berlaku untuk kabupaten kota yang ada di Provinsi Bengkulu," kata dia.

Total jemaah yang diberangkatkan pada 2017 ini lanjut Rolly, yakni sebanyak 1.614 jamaah calon haji (JCH), atau bertambah sebesar 322 jemaah dibandingkan dengan 2016.

Pada 2016, Provinsi Bengkulu memberangkatkan 1.292 jamaah atau sebanyak 80 persen dari kuota normal, sementara pada 2017 ini kembali ke jumlah semula.

"Kita bersyukur kembali ke kuota normal dan juga ada penambahan, sebab daftar tunggu haji untuk Bengkulu sudah cukup panjang, mencapai 20 tahun," kata dia lagi.

Untuk jemaah yang akan diberangkatkan pada 2017 ini, Kemenag Provinsi Bengkulu mengimbau agar segera menyelesaikan seluruh kebutuhan administrasi keberangkatan termasuk pembuatan paspor.

Rolly juga mengimbau agar JCH memperhatikan kondisi kesehatan, mengatur pola makan sehat, berolahraga ringan serta pengecekan medis teratur.

"Pada 27 Juli 2017, jemaah sudah masuk asrama dan siap untuk diberangkatkan, kontrol kesehatan pakai BPJS kan gratis, ini demi memastikan jemaah memiliki kebugaran dan kesehatan yang bagus," ujarnya.***4***

Pewarta: Boyke LW

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017