Bengkulu (Antara) - Kementerian Kelautan dan Perikanan menyalurkan 200 ribu ekor benih ikan nila kepada 14 kelompok pembudidaya ikan di Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu.

"Menteri KKP berpesan agar benih ikan ini dirawat baik untuk peningkatan ekonomi masyarakat," kata Wakil Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah saat menyerahkan benih ikan nila di Desa Suro Ilir, Kepahiang, Rabu.

Rohidin mengatakan bantuan benih ikan nila unggul itu bagian dari pengembangan produksi ikan budidaya di wilayah ini.

Bantuan itu diharapkan menjadi stimulan untuk meningkatkan perekomian masyarakat, terutama pembudidaya ikan di wilayah Kepahiang yang dikenal berpengalaman baik mengembangk perikanan darat.

Program pemerintah pusat itu kata Wagub, harus didukung oleh pemerintah daerah melalui program yang dapat disinergikan.

"Misalnya membantu pengolahan hasil ikan, promosi, pengemasan, hingga pemasaran produk," ucapnya.

Selain bantuan benih ikan, pemerintah pusat juga menyerahkan 140 set alat tangkap rawai dasar dan 16 set alat tangkap "long line" untuk Kelompok Usaha Bersama (KUB) Benteng Harapan Linau di Kabupaten Kaur.

Pada kesempatan itu juga diserahkan secara simbolis sebanyak 2.882 kartu asuransi nelayan, 300 ribu ekor benih ikan jelawat, buku bacaan sebanyak 1.000 eksemplar dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu.

Bupati Kepahiang, Hidayatullah Sjahid mengatakan siap meningkatkan pembinaan petani pembudidaya ikan air tawar untuk meningkatkan produksi ikan setempat.

"Kami mengapresiasi bantuan benih ini dan siap memanfaatkan dengan optimal untuk meningkatkan perekonomian daerah," katanya.***1***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017