Rejang Lebong (Antara) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, pada tahun ini teLah menyiapkan anggaran senilai Rp1,6 miliar untuk pengadaan buku penunjang perpustakaan di daerah itu.

Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Rejang Lebong, Salamun di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan anggaran sebesar Rp1,6 miliar tersebut untuk pembelian buku pelajaran tingkat sekolah dasar (SD) dalam 15 kecamatan.

"Anggaran pengadaan buku penunjang bagi perpustakaan di SD tersebut dianggarkan dalam APBD tahun 2017 senilai Rp1,6 miliar. Besaran anggaran pengadaan buku ini dibandingkan dengan tahun 2016 jumlahnya lebih besar yang hanya berkisar Rp1,2 miliar," katanya.

Anggaran pengadaan buku penunjang perpustakaan tingkat SD ini, kata dia, diantaranya buku-buku pelajaran sosial, buku ilmu pengetahuan, buku tentang agama dan beberapa jenis lainnya.

Adanya peningkatan anggaran pengadaan buku ini, lantaran di tahun 2016 buku-buku ini belum mencukupi untuk memenuhi kebutuhan seluruh perpustakaan SD yang ada di Rejang Lebong saat ini, dimana diketahui jumlah SD negeri yang ada di Rejang Lebong sekarang ini ada sebanyak 171 unit.

Sejauh ini pengadaan buku untuk perpustakaan yang masih dalam proses pengadaan melalui LPSE Rejang Lebong itu, kata dia, dilaksanakan melalui lelang terbuka, dimana siapapun bisa ikut dalam pelaksanaan lelang pengadaannya.

Kendati sudah dalam persiapan pelelangan dirinya mengaku tidak ingat berapa banyak buku yang akan diadakan, berikut rincian sekolah-sekolah yang akan menerimanya nanti. Hal ini karena semua datanya termasuk Juklak dan Juknisnya di pegang oleh PPTK. ***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017