Bengkulu (Antara) - Pemerintah Kota Bengkulu meluncurkan program budaya hidup sehat dengan nama "Bengkulu ku BISA", program ini membutuhkan partisipasi aktif masyarakat.

Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan di Bengkulu, Minggu, menyebutkan program tersebut merupakan wujud nyata dalam merealisasikan Bengkulu yang bersih, indah, sehat dan aman.

"Untuk mewujudkannya bukanlah hal susah, setiap masyarakat hanya bertanggung jawab pada lingkungan masing-masing, begitu juga lingkungan instansi dan `stakeholder`," kata dia.

Untuk memberikan stimulan sebelum program Bengkulu ku BISA menjadi kesadaran di tengah masyarakat, pemerintah kota menyiapkan hadiah bagi lingkungan terbaik, yakni dengan kategori bersih, indah, sehat dan aman.

Kategori bersih tercermin dari tidak adanya sampah baik di lingkungan rumah maupun drainase, lingkungan jauh dari tindak pencemar. Sementara kategori indah lanjut wali kota terlihat dari penataan dan penambahan aksesoris yang mempercantik lingkungan.

Helmi melanjutkan, lingkungan yang sehat dilihat dari minimnya bakteri penyebab penyakit, begitu juga jentik yang menjadi cikal nyamuk penular wabah malaria maupun DBD. Sedangkan lingkungan yang aman yakni jauh dari penyakit masyarakat, seperti narkoba, tindak kriminal, minuman keras dan pergaulan bebas.

"Pemerintah berikan stimulan bagi pemenang program Bengkulu ku BISA berupa hadiah uang tunai 100 juta dan Insya Allah jalan-jalan ke luar negeri," ucapnya memberi semangat.

Selain kesehatan masyarakat yang terus membaik, kota yang nyaman, aman dan bersih juga akan membuat minat pengunjung meningkat, tentu hal ini kata Helmi akan berdampak baik pada iklim pariwisata daerah.***4***

Pewarta: Boyke LW

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017